Breaking News:

Berasal dari Keluarga Sederhana, Begini Perjalanan Hidup Edhy Prabowo hingga Jadi Menteri Kelautan

Putra dari pasangan Sutopo dan Sri Rejeki ini berasal dari keluarga sederhana di Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, Sumatera Selatan.

Editor: Kurniawati Hasjanah
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat menyalami para nelayan di Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (28/10/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM - Anak Desa Tanjung Enim, Muara Enim ini awalnya bercita-cita menjadi tentara. Untuk mewujudkan itu dia pun mendaftar dan diterima di Akabri Angkatan Darat.

Namun, ia hanya bertahan dua tahun di akademi tersebut dan harus meninggalkan status militernya tanpa pangkat.

Nasib mujur menghampiri dirinya ketika Edhy bertemu dengan Prabowo Subianto tahun 1993. Prabowo menampung dan membiayai pendidikannya di perguruan tinggi.

Prabowo juga memintanya terus berlatih pencak silat. Ketekunannya berlatih membawanya menjadi atlet pencak silat nasional hingga mengikuti Pekan Olahraga Nasional dan menjadi pengurus  Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (PPSMI).

Dia juga menjadi orang kepercayaan Prabowo Subianto dan terlibat dalam hampir seluruh kegiatan Prabowo, mulai dari organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia hingga menjadi kader Gerindra.

Edhy dipercaya menduduki beberapa posisi di perusahaan milik Prabowo seperti perkebunan kelapa sawit, pabrik bubur kertas, ekspor kayu hingga jasa keamanan.

Karier politiknya diawali sebagai kader Gerindra. Kedekatannya dengan Prabowo membawanya menjadi caleg Gerindra di kampung halamannya di Sumatera Selatan.

Berkat popularitas dan kerja kerasnya, Edhy terpilih menjadi anggota DPR RI dari Sumetera Selatan selama dua periode berturut turut.

Ketika Presiden Jokowi menyusun kabinet, Eddy pun ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Keluarga Sederhana

Halaman
1234
Sumber: KOMPAS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved