Breaking News:

Begini Strategi Kemendag Pacu Pemulihan Ekonomi Tahun Depan

Kementerian Perdagangan menyusun strategi perdagangan guna pemulihan ekonomi tahun depan bersamaan dampak pandemi Covid-19.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menjadi pembicara kunci Economic Summit 2020 Webinar Session, sebagaimana keterangan resmi, Sabtu (28/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Abdul Qodir

TRIBUNJAKARTA.COM – Kementerian Perdagangan menyusun strategi perdagangan guna pemulihan ekonomi tahun depan bersamaan dampak pandemi Covid-19.

Di antaranya fokus menjaga konsumsi dan pasar di dalam negeri dengan terus bangga dengan mengutamakan produk buatan Indonesia serta meningkatkan keterlibatan Indonesia dalam rantai pasok global.

“Penghujung 2020 ini menjadi momentum tepat untuk kita belajar dan bersama-sama menyusun strategi perdagangan yang lebih baik di tahun mendatang. Sebagai negara besar, maka menjaga konsumsi dan pasar di dalam negeri adalah salah satu langkah tepat mendukung pemulihan ekonomi Indonesia," kata Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat menjadi pembicara kunci Economic Summit 2020 Webinar Session, sebagaimana keterangan resmi, Sabtu (28/11/2020).

"Di sisi lain, keterbukaan dan keterlibatan Indonesia dalam rantai pasok global juga menjadi keharusan,” sambunngnya.

Agus memaparkan, menjaga pasar utama dan terus membuka akses pasar baru di negara nontradisional adalah langkah yang akan terus dilakukan agar produk-produk Indonesia semakin berdaya saing dan mendunia.

Beberapa hal tersebut penting dilakukan agar Indonesia siap berpacu dalam perdagangan dunia, terutama dalam menghadapi ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

Sebagai implikasi dari kondisi pandemi tersebut, perdagangan dunia juga mengalami perlambatan.

IMF mengungkapkan, perdagangan dunia pada 2020 diperkirakan terkontraksi 10,4 persen. Namun, pada 2021, perdagangan dunia diperkirakan akan lebih baik dan tumbuh 8,3 persen dengan kontribusi terbesar dari negara-negara berkembang.

Untuk itu, lanjut Agus, situasi normal baru saat ini adalah sebuah proses transisi yang menuntut semua negara cepat beradaptasi dan berinovasi.

Halaman
123
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved