Breaking News:

Pemkab Bekasi Bangun WC Seharga Rp196,8 Juta, Ombudsman: Lapor Jika Kualitas Tak Sesuai Spesifikasi

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho meminta lapor jika dalam kegiatan pemerintah tersebut mengandung unsur maladministrasi.

TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Proyek pembangunan WC seharga Rp196,8 Juta di SDN Mangunjaya 04 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.   

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Pemerintah Kabupaten Bekasi membangun toilet atau water closet (WC) di sejumlah sekolah dengan harga fantastis sebesar Rp196,8 juta.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh P Nugroho mengatakan, masyarakat bisa lapor jika dalam kegiatan pemerintah tersebut mengandung unsur maladministrasi.

"Kalai itu sebenarnya bisa dilakukan pemeriksaan sama inspektorat dulu ya apakah ada persesuaian atau tidak," kata Teguh saat dijumpai di Mpolres Bekasi Kota, Rabu (8/12/2020). 
Dia menambahkan, jika pada saat pemeriksaan oleh inspektorat ditemukan ada pelanggaran, hal itu harus ditindaklanjuti.

Baca juga: Ditinggal Sopir ke Toilet, Truk Tangki Terperosok ke Pinggir Sungai Sedalam Dua Meter

"Karena ada unsur maladministrasi di situ, masyarakat juga bisa lapor ke kami, kalau terkait dengan kualitas wc publik yang disediakan Pemkab Bekasi tidak sesuai spek (spesifikasi)," tegas dia.

Teguh menambahkan, masyarakat yang ingin melapor dapat melalui sejumlah akses bisa ke kantor Ombudsman atau melalui whatsapp centre.

"Untuk lapor gambang ada WA (whatsapp) centre kami di 08119853737, bisa mengadukan termasuk penanganan Covid-19 juga bisa ke kami," tegas dia.

Pemerintah Kabupaten Bekasi membangun sarana penunjang pendidikan berupa toilet atau water closet (WC) di lingkungan SD Negeri Magunjaya 04, Jalan Kedondong, Kecamatan Tambun Selatan senilai Rp196,8 juta.

Berdasarkan situs lpse.bekasikab.go.id, sumber dana untuk pembangunan WC berasal dari APBD Kabupaten Bekasi 2020.

Dalam situas itu juga disebutkan, pagu anggaran yang disediakan mencapai Rp198,5 juta hanya untuk sarana penunjang toilet sekolah.

Halaman
123
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved