Breaking News:

PT KAI Tertibkan Bangunan Liar di Pinggir Rel Kereta Api

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengimbau kepada masyarakat agar tak membangun bangunan liar di pinggir rel kereta api. 

Dok PT KAI Daop 1
PT KAI Daop 1 Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI telah menertibkan bangunan liar di Jalan Rawa Bebek, Jakarta Utara, Selasa (8/12/2020) kemarin. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - PT KAI Daop 1 Jakarta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta  guna menata lingkungan dan penertiban aset.

Terkhusus di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengimbau kepada masyarakat agar tak membangun bangunan liar di pinggir rel kereta api. 

"PT KAI Daop 1 Jakarta menegaskan kepada masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan atau mendirikan bangunan disekitar jalur kereta api," kata Eva, sapaannya, dalam keterangan resmi, Rabu (9/12/2020).

"Karena dapat membahayakan perjalanan kereta api," lanjutnya.

Dia menuturkan, penertiban tersebut nantinya mengacu kepada prosedur yang berlaku.

"Yaitu dengan pemberian Surat Peringatan (SP) dan pendekatan secara persuasif yang telah dilakukan sebelumnya," jelas Eva.

Dia melanjutkan, hal ini sesuai Undang Undang Nomor 23 Tahun 2007, tentang Perkeretaapian.

"Pasal 178 berbunyi, setiap orang dilarang membangun gedung, membuat tembok, pagar, tanggul, bangunan lainnya, menanam jenis pohon yang tinggi, atau menempatkan barang pada jalur kereta api yang dapat mengganggu pandangan bebas dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api," tutur Eva.

Baca juga: Tersangka Pemutilasi Sehari-hari Bekerja Sebagai Pengamen Manusia Silver

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan PSBB Transisi, Satpol PP Tutup Dua Kafe di Jagakarsa

Baca juga: Sejarah Hari Ini, Persija Jakarta Raih Gelar Juara Liga Indonesia di Hadapan The Jakmania

Diketahui sebelumnya, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI telah menertibkan bangunan liar di Jalan Rawa Bebek, Jakarta Utara.

Di Jakarta Utara, PT KAI bersama aparat gabungan telah menertibkan 112 bangunan dan 42 kafe yang semuanya merupakan bangunan liar.

"Selanjutnya Daop 1 Jakarta melakukan pemagaran permanen di area tersebut agar kawasan di lintasan kereta dapat steril dari kegiatan masyarakat," tambah Eva.

"Karena bangunan liar dapat membahayakan perjalanan kereta api," tutur dia.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved