Breaking News:

Natal dan Tahun Baru 2021

GPIB Immanuel Jakarta Galang Dana untuk Pemeliharaan Orgel Berusia Ratusan Tahun

GPIB Immanuel Jakarta memiliki alat musik bernilai historis tinggi yang masih digunakan, alat musik Orgel Immanuel telah berdiri sejak tahun 1841.

TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Orgel atau Organ Pipa di Gereja Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (20/12/2019). GPIB Immanuel Jakarta memiliki alat musik bernilai historis tinggi yang masih digunakan, alat musik Orgel Immanuel telah berdiri sejak tahun 1841. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel Jakarta memiliki alat musik bernilai historis tinggi yang masih digunakan hingga saat ini.

Alat musik Orgel Immanuel telah berdiri sejak tahun 1841.

Bahkan, alat musik tuts ini menjadi salah satu alat musik tertua di Indonesia.

Karena termasuk peninggalan bersejarah, biaya konservasi dan pelestarian orgel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Estimasi biaya pemeliharaan bisa mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Organis muda, Nico Gamaliel, yang kerap menggunakan orgel tersebut mengatakan restorasi terakhir dilakukan pada tahun 1985.

"Idealnya setiap 10 tahun sekali diadakan renovasi agak besar. Sudah 35 tahun sejak terakhir renovasi dilakukan dan juga organ pernah terkena serangan rayap. Estimasi terakhir butuh ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk renovasi total," ujarnya saat dikonfirmasi TribunJakarta.com pada Jumat (25/12/2020).

Baca juga: Kecelakaan Maut di Pasar Minggu Jakarta Selatan, Perempuan 30 Tahun Tewas Tertabrak Mobil

Meski berusia sangat tua, orgel ini masih bisa berfungsi dengan baik.

Orgel ini memiliki 20 pedal dan 122 tuts yang berasal dari gading gajah.

Namun, beberapa bagian dari orgel ini memang sudah harus diganti seperti kayu dan pipanya yang sudah berusia hampir 180 tahun.

Majelis GPIB Immanuel, Komunitas Organis Indonesia dan sejumlah organis di dalam gereja tergerak untuk menggalang donasi.

Donasi dapat diberikan melalui transfer ke rekening Bank Mandiri 123-00-7400039-1 atas nama Majelis Jemaat GPIB dengan mencantumkan kode ".144" di akhir nominal.

Acara penggalangan dana ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Resital Immanuel yang diadakan di malam natal kemarin pada Kamis (24/12/2020).

Baca juga: Keren! Persija Jakarta Jadi Klub Terpopuler di ASEAN, Kalahkan Persib dan Raksasa Liga Malaysia JDT

Resital Immanuel kali ini juga diharapkan mampu menjadi sarana pengembangan dan pelestarian organ dan musik gereja serta Organ Immanuel itu sendiri.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved