Breaking News:

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Harus Dilengkapi e-HAC Sebelum Terbang

Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II Muhammad Wasid menjelaskan, hal itu untuk menghindari antrean di pos pemeriksaan

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFEDA
Direktur Operasional PT Angkasa Pura II, Muhammad Wasid saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (25/12/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Penumpang pesawat rute domestik diharuskan mengisi Electronic-Health Alert Card (e-HAC) alias Kartu Kewaspadaan Kesehatan sebelum bertolak ke Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II Muhammad Wasid menjelaskan, hal itu untuk menghindari antrean di pos pemeriksaan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soekarno-Hatta.

Seluruh penumpang diminta melengkapi e-HAC terlebih dahulu saat masih berada di bandara asal atau keberangkatan.

"Ke depan kami bekerja sama dengan KKP agar e-HAC diterapkan dan diimplemantasikan untuk bisa mempercepat pengecekan sehingga titik-titik antrean bisa kita urai. Hanya sekian detik, penumpang bisa langsung jalan," ujar Wasid saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (25/12/2020).

Ia menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pengelola bandara origin yang dikelola oleh Angkasa Pura I dan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kemenhub.

Tersoal e-HAC penumpang yang akan kembali melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Jaga Stabilitas Harga Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Pasar Jaya Tambah Stok Komoditas Pangan

Baca juga: Bus Sekolah DKI Tambah Tiga Armada Khusus untuk Evakuasi Pasien Covid-19

Baca juga: Wali Kota Bekasi Didesak Buat Juknis Perda ATHB Covid-19, Besaran Denda Hingga Rp 50 Juta

"Untuk antisipasi kedatangan yang memang nanti akan menumpuk di arrival hall akan kita antisipasi. Kita akan koordinasi ke Bandara origin agar penumpang persiapkan e-HAC jauh-jauh hari sebelum keberangkatan ke bandara kedatangan," ungkap Wasid.

Kendati demikian, Angkasa Pura II tetap mengantisipasi terjadinya antrean eks penumpang pesawat di pos pemeriksaan e-HAC oleh petugas  KKP di Bandara Soekarno-Hatta

"Kita pastikan kalau antrean terjadi kita akan pisahkan dengan penumpang yang telah melengkapi e-HAC. Akan kita tambah petugas Aviation Security di pos pemeriksaan," kata Wasid.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved