Breaking News:

Respon Sederet Pejabat DKI Aksi Mensos Risma Blusukan Temui Gelandangan hingga Pengemis di Jakarta

Aksi blusukan yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini menuai pro kontra hingga berbagai respon pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Dok. Kemensos
Awal pekan pertama berdinas sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini alias Risma menemui seorang pemulung di kawasan aliran Sungai Ciliwung, belakang kantor Kementerian Sosial. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Aksi blusukan yang dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini menuai pro kontra hingga berbagai respon pejabat Pemprov DKI Jakarta.

Pelaksana Harian Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi contohnya yang menilai aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini di wilayah Jalan Sudirman-Thamrin Jakarta Pusat dirasa kurang tepat.

Pasalnya, masalah gelandangan atau tunawisma ini sudah bertahun-tahun berusaha diatasi, tetapi tak membuahkan hasil.

Seperti diberitakan, dalam momen blusukan, Risma menemukan sejumlah gelandangan di wilayah Jakarta.

Irwandi menegaskan, masalah gelandangan atau tunawisma bukan hanya ada di Jakarta, tapi juga di seluruh kota besar di Indonesia.

"Saya bukan membela diri. Permasalahan tunawisma itu bukan di Jakarta saja. Ke Surabaya deh, di Medan, di Bandung. Ada enggak kota besar yang enggak ada manusia gerobak?" kata Irwandi saat dihubungi, Selasa (5/12/2020).

Irwandi menegaskan pihaknya sudah berkali-kali berupaya menertibkan tunawisma yang ada di wilayah Jakarta Pusat.

Salah satunya dengan menawarkan mereka untuk tinggal di rumah susun. Namun, rusun itu tidak ditinggali dan mereka justru kembali menggelandang di jalan.

"Karena mata pencaharian dia di situ, dia mulung di daerah Menteng, sulit kita kasih rusun. Kita pernah coba tunawisma taruh rusun, rusunnya kan jauh, itu enggak bakal ditempatin. Gerobaknya ditaruh mana, mulungnya dimana, di rusun enggak bisa mulung, pasti lari," ujarnya.

Irwandi menyebut para tunawisma di Jakarta umumnya mempunyai rumah di kampung halaman mereka.

Halaman
1234
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved