Breaking News:

Ada Isu Cabai dan Ayam Diberi Zat Pewarna, Dinas KPKP DKI Jakarta Sidak ke Pasar Swalayan

Dinas KPKP DKI Jakarta bekerjasama dengan Balai Besar POM DKI Jakarta menggelar inspeksi mendadak ke pasar swalayan Lotte Mart Jakarta Utara

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Pemantauan pangan di pasar swalayan Lotte Mart, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (8/1/2021), terkait isu ketahanan pangan yang belakangan beredar, terutama soal cabai dan daging ayam yang diberi zat pewarna. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, KELAPA GADING - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta bekerjasama dengan Balai Besar POM DKI Jakarta menggelar inspeksi mendadak ke pasar swalayan Lotte Mart, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (8/1/2021).

Pemantauan langsung ke lapangan sekaligus webinar ini dilakukan terkait dengan beberapa isu soal ketahanan pangan yang beredar belakangan ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, isu-isu yang diangkat yakni keberadaan cabai rawit dan daging ayam yang diberi zat pewarna di beberapa daerah.

"Berawal dari situ, Dinas KPKP merasa perlu memberi kenyamanan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Bahwa untuk saat ini Dinas KPKP ada bersama kita semua melakukan pengawasan secara intensif," kata Suharini di lokasi.

Menurut Suharini, Lotte Mart dipilih menjadi salah satu lokasi pemantauan lantaran karena saat ini pasar swalayan tersebut tengah mengejar sertifikasi veteriner.

Selain Lotte Mart, pemantauan juga dilakukan di empat wilayah lainnya.

"Karena memang saat sekarang ini yang bersangkutan sedang mengurus sertifikasi nomor kontrol veteriner yg memang harus wajib ada," kata Suharini.

Baca juga: Pemprov DKI: Tingkat Keterisian Ruang Isolasi 85 Persen dan ICU Khusus Pasien Covid-19 80 Persen

"Kemudian acara ini akan kita selenggarakan terus untuk masing-masing empat wilayah lain," sambungnya.

Quality Assurance Manager Lotte Mart Mety Sumiati mengapresiasi adanya kunjungan dari Dinas KPKP DKI Jakarta dan Balai Besar POM DKI Jakarta terkait pemantauan pangan ini.

Menurut Mety, hal ini adalah kolaborasi yang baik antara pengusaha dan pemerintah untuk memastikan bahwa stok pangan bebas dari bahaya zat kimia.

"Hari ini sudah dilakukan pengujian produk on site. Alhamdulillah semua tidak ditemukan (zat berbahaya)," ucap Mety.

Baca juga: Ada Pelanggaran HAM dalam Tewasnya Laskar FPI Oleh Aparat, Polri: Kami Hargai Hasil Investigasi

"Ini kolaborasi bagus antara Lotte Mart dengan pihak pemerintah," tutup dia.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved