Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Warga Pondok Labu Sulap Gedung Karang Taruna Jadi Tempat Isolasi Mandiri

warga berinisiatif menyulap gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) menjadi tempat isolasi mandiri

TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Data kasus Covid-19 di wilayah RW 003 terpampang di depan gedung Karang Taruna RW 003 Pondok Labu pada Selasa (19/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Satrio Sarwo Trengginas

TRIBUNJAKARTA.COM, CILANDAK - Tingginya kasus Covid-19 di permukiman RW 003 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan membuat warga berinisiatif menyulap gedung Sasana Krida Karang Taruna (SKKT) menjadi tempat isolasi mandiri.

Pasalnya, dari 10 RW di Kelurahan Pondok Labu, RW 003 termasuk ditemukan kasus positif terbanyak.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 RW 003, Muhammad Yahya, mengatakan warga berkoordinasi dengan pihak Kelurahan dan Kasatpel Sosial Kecamatan Cilandak untuk mengubah gedung itu menjadi tempat isolasi mandiri.

"Karena ini kan gedung pemerintahan dan untuk kepentingan warga. Akhirnya disetujui," ungkapnya kepada TribunJakarta.com pada Selasa (19/1/2021).

Dalam mempersiapkan tempat isolasi mandiri, warga juga berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Kelurahan Pondok Labu terkait dengan mekanisme dan kriteria isolasi mandiri.

Penampakan kasur yang akan digunakan pasien Orang Tanpa Gejala Covid-19 di gedung Karang Taruna RW 003 Pondok Labu pada Selasa (19/1/2021).
Penampakan kasur yang akan digunakan pasien Orang Tanpa Gejala Covid-19 di gedung Karang Taruna RW 003 Pondok Labu pada Selasa (19/1/2021). (TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas)

Dana berasal dari yayasan, pihak kelurahan dan warga sendiri. 

Sebanyak 15 relawan yang terdiri dari sejumlah perangkat kelurahan di antaranya Ketua RT, Ketua RW, LMK, Karang Taruna, FKDM dan Dasawisma terlibat dalam pembangunan tempat isolasi mandiri ini.

Pengamatan TribunJakarta.com, terdapat lima buah kasur di dalam ruang seluas 80 meter persegi itu.

Jarak antar satu kasur dan lainnya masing-masing dua meter. Di samping kasur berdiri meja kecil. Di atasnya, terdapat kontainer kecil yang nantinya diisi pakaian dari pasien.

Halaman
12
Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved