Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Penggunaan Alat Tes Covid-19 GeNose di Kereta Api Mulai Diberlakukan Pada 5 Februari

Jadi alternatif selain rapid antigen, pemeriksaan Covid-19 melalui GeNose untuk moda transportasi kereta api (KA) akan diberlakukan mulai Jumat (5/2)

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Menhub Budi Karya mencoba alat deteksi Covid-19, GeNose di Terminal Kampung Rambutan, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (24/1/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Jadi alternatif selain rapid antigen, pemeriksaan Covid-19 melalui GeNose untuk moda transportasi kereta api (KA) akan diberlakukan mulai Jumat (5/2/2021) mendatang.

GeNose merupakan alat tes Covid-19 yang merupakan hasil karya anak bangsa dan dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM).

Penggunaan alat diagnosis cepat ini melalui hembusan nafas dan hasil akurasinya mencapai 90 persen.

Selanjutnya, kereta api menjadi pilihan pertama untuk penggunaan GeNose karena kerap menjadi pilihan transportasi bagi semua elemen masyarakat.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pemberlakuan tes Covid-19 melalui GeNose di kereta api akan diberlakukan pada tanggal 5 Februari 2021 mendatang.

"Jadi kita memang membuat tahapan-tahapan penggunaan GeNose itu. Mengapa kereta api? Kita tetapkan pada tanggal 5 Februari karena kereta api ini ada jarak-jarak tertentu. Katakan Jakarta-Bandung tarifnya Rp 100 ribu. Kalau harus antigen Rp 100 ribu lagi (mahal) tapi kalau dengan ini jadi Rp 20 rb itu terjangkau," jelasnya di Terminal Kampung Rambutan, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Tak Ada Wakil Indonesia, Berikut Hasil Lengkap Thailand Open II 2021: Vittinghus Tumbang di Final

"Jadi memang KA karena rapid antigen tidak menjadi mandatory maka substitusi atau pendampingnya adalah GeNose yang sudah kita pesan 200 unit untuk 44 titik stasiun di seluruh Jawa dan Sumatera," lanjutnya.

Sehingga dengan hadirnya GeNose bisa menjadi pilihan lain untuk masyarakat ketika hendak berpergian.

"Artinya apa? Setiap orang yang berangkat menggunakan kereta api wajib dilakukan tes, apakah rapid antigen atau GeNose. Masih punya dua alternatif. Tapi dengan ini murah (GeNose) tentu ini jadi pilihan," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved