Breaking News:

Hindari Pencemaran, Minyak Jelantah Bekas Bisa Diolah Jadi Barang Bermanfaat di Rumah

Siapa kira minyak jelantah bekas bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang berguna lain dan tentunya mengurangi pencemaran lingkungan.

ISTIMEWA
Lilin yang dibuat dari bahan dasar minyak jelantah bekas. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Siapa kira minyak jelantah bekas bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang berguna lain dan tentunya mengurangi pencemaran lingkungan.

Tanpa sadar bila dibuang begitu saja, maka minyak jelantah menjadi limbah yang mencemari lingkungan hidup.

Padahal limbah rumah tangga ini diproduksi hampir setiap hari karena aktivitas keseharian tidak pernah lepas dari kegiatan memasak.

Berawal dari hal ini, Alfamart berkolaborasi dengan penggiat Bank Sampah Tri Alam Lestari mengadakan webinar bertajuk Pengolahan Limbah Minyak Jelantah menjadi Sabun Cuci dan Lili.

“Minyak goreng bekas pakai biasanya langsung dbuang begitu saja, padahal sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali salah satunya menjadi lebih bernilai” ujar Menik, Pendiri Bank Sampah Tri Alam Lestari, Senin (25/1/2021).

Tujuan webinar ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada peserta yang mayoritas adalah ibu rumah tangga untuk mengolah limbah minyak jelantah menjadi barang bernilai lebih sekaligus upaya mengurangi dampak lingkungan akibat limbah.

"Langkah menyelamatkan lingkungan dari efek buruk limbah bisa dilakukan sedari dini di tingkat rumah tangga seperti ini," jelas Hadi Susianto, Branch Manager Alfamart Cikokol.

Walaupun digelar secara online, para peserta antusias mengikuti webinar sembari mempraktekan dirumah mereka masing-masing.

“Mereka semangat mengikuti instruksi dari narasumber dan diakhir acara, para peserta menampilkan hasil karya sabun cuci dan lilin mereka," kata dia.

Bagi Anda yang ingin mencobanya di rumah, caranya pun cukup mudah.

Halaman
12
Editor: Elga H Putra
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved