Breaking News:

Pekerjaan Optimasi Pipa PAM Jaya, Sudinhub Jakut Rekayasa Lalin Sepanjang 3,1 KM di Penjaringan

Rekayasa arus lalu lintas sepanjang 3.100 meter diterapkan di lokasi ini

Dok. Sudin Perhubungan Jakarta Utara
Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara memberlakukan rekayasa lalu lintas pada lokasi optimasi perluasan pipa PAM Jaya sepanjang Jalan Kamal Muara hingga Jalan Tegal Alur, Penjaringan, Jakarta Utara 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Utara memberlakukan rekayasa lalu lintas pada lokasi optimasi perluasan pipa PAM Jaya sepanjang Jalan Kamal Muara hingga Jalan Tegal Alur, Penjaringan, Jakarta Utara.

Kasudin Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak mengatakan, rekayasa arus lalu lintas sepanjang 3.100 meter diterapkan di lokasi ini untuk memberikan rasa nyaman bagi pekerja dan pengguna jalan.

"Rekayasa arus lalu lintas ini menerapkan sistem buka tutup di sepanjang jalur optimasi perluasan pipa PAM Jaya. Kami menugaskan sepuluh personel dan satu unit derek," kata Harlem saat dikonfirmasi, Senin (25/1/2021).

Sudin Perhubungan Jakarta Utara menerapkan sistem buka tutup jalan karena keberadaan jalur alternatif yang relatif jauh dari lokasi optimasi perluasan pipa PAM Jaya.

Selain itu, jalur tersebut kerap dilintasi kendaraan berat sehingga dapat semakin memicu keterlambatan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Kamal Muara hingga Tegal Alur.

"Jadi petugas akan bergantian menutup sebagian arus untuk dapat dilintasi kendaraan. Titik poin petugas ada berada di titik awal jalur pekerjaan," kata Harlem.

Sistem buka tutup ini menyesuaikan dengan jadwal pekerjaan optimasi pipa PAM Jaya yang dilakukan setiap harinya.

Untuk itu, petugas akan berada di lokasi sesuai dengan situasi pekerjaan optimasi pipa tersebut.

"Kalau pekerjaan sampai malam, petugas juga sampai malam di sana. Termasuk kita juga menyediakan unit derek dari Kecamatan Penjaringan apabila ada kendaraan yang mogok saat melintasi jalur tersebut," tutupnya.

Rekayasa arus lalu lintas ini sesuai dengan surat rekomendasi teknis Izin Pelaksanaan Penempatan Jaringan Utilitas (IPPJU) Nomor 3723/-1.797.1 Tanggal 23 Oktober 2020 yang dikeluarkan oleh Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta.

Termasuk Surat Izin pelaksanaan IPPJU yang dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta. 

Rencananya, optimasi pipa PAM Jaya berlangsung mulai hari ini hingga Rabu (31/3/2021) mendatang.

Baca juga: Motor Pengemudi Ojol Rusak Parah Tertimpa Pohon Tumbang di Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Baca juga: Ini Gaji Lurah di DKI Jakarta yang Paling Tinggi di Indonesia, Bisa Beli Motor Baru Tiap Bulan

Adapun tahapan jadwal pekerjaan meliputi pengeboran jalur pipa (directional drilling), pemasangan saluran pipa (pipe installation), pemasangan aksesoris dan pengujian (accesorries installment and commissioning), dan perapian kembali (reinstatement). 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved