Breaking News:

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2 Km, Hujan Abu Terasa Hingga Kabupaten Boyolali

Sejak memasuki fase erupsi pada 4 Januari lalu, Gunung Merapi kembali mengalami letusan besar pada Rabu (27/1/2021) pukul 13.32 WIB.

Tribun Jogja/Setya Krisna Sumarga
AWAN PANAS - Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Gunung Merapi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat. Arah angin dari barat menyebabkan abu dari awan panas tertiup ke timur. Sebaran abu dilaporkan sampai di Deles, Klaten, Jateng. Rekaman peristiwa erupsi Merapi diabadikan Rabu pagi dari persawahan Dusun Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman, berjarak sekitar 32 kilometer dari gunung berapi itu. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Sejak memasuki fase erupsi pada 4 Januari lalu, Gunung Merapi kembali mengalami letusan besar pada Rabu (27/1/2021) pukul 13.32 WIB.

Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Gunung setinggi 2.930 mdpl tersebut mengeluarkan awan panas berjarak luncur sekitar 2 km.

"Awan panas mengarah ke hulu Kali Krasak dan Boyong," tutur Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida Rabu (27/1/2021).

Fenomena alam tersebut tercatat di seismograf dan diketahui memiliki amplitudo sebesar 70 mm dan durasi 240 detik.

"Tinggi kolom tak teramati karena berkabut," ujarnya.

Awan panas juga sempat menyembur dari puncak Gunung Merapi pada pukul 12.53 WIB dengan estimasi jarak luncur 2 km ke arah barat daya.

"Tercatat di seismograf dengan amplitudo 55 mm dan durasi 317.8 detik. Tinggi kolom tak teramati karena berkabut," katanya.

Jelang HUT Kota Tangerang, Wali Kota Keliling Bagikan Ribuan Sembako

Melihat dari Dekat Karakter Naga Laut, Satwa yang Sangat Sulit Ditemui

Viral Aksi Pencopetan di Angkot, Warga Mulai Resah dan Khawatir

Pasca erupsi, sejumlah lokasi melaporkan adanya fenomena hujan abu dengan intensitas tipis. Yakni pada beberapa desa di Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Boyolali dan Kota Boyolali.

Hanik melanjutkan, aktivitas seismik Gunung Merapi tergolong intens sejak pagi hari.

Sepanjang periode pemantauan pukul 00.00 hingga 14.00 WIB, gunung yang berbatasan dengan propinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta tersebut meluncurkan 36 kali guguran awan panas.

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved