Breaking News:

Info Kesehatan

Benarkah Orang Golongan Darah O Jarang Sakit? Ini Kata Dokter

Benarkah orang yang memiliki golongan darah O jarang terkena sakit? ini penjelasan dokter

Editor: Kurniawati Hasjanah
Freepik
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Sebuah unggahan di Tiktok menginformasikan bahwa orang yang memiliki golongan darah O disebut lebih jarang mengalami sakit, dibanding orang dengan golongan darah yang lain.

Namun, kata unggahan itu, mereka yang bergolongan darah O akan mengalami kondisi sakit yang parah ketika sekali jatuh sakit.

Informasi itu dimuat dalam sebuah video TikTok yang diunggah akun @yinaverany dan diunggah ulang di Instagram @tante_rempong_offficial pada 23 Januari 2021.

"Mau tau ga rasanya jarang sakit dn sekalinya sakit lgsg yg parah gt? Tanya aj sama gol darah O," demikian teks dalam video.

Lalu, di kolom komentar ada banyak respons dari netizen yang membenarkan pernyataan itu berdasarkan pengalaman pribadi yang mereka miliki.

"Iyaa bener ga pernah sakit, badan panas aja ga pernah, sekalinya sakit langsung operasi usus buntu," kata salah satu akun.

Komentar hampir sama juga disampaikan oleh akun-akun yang lain.

Benarkah klaim itu?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi, Dr. dr. Cosphiadi Irawan, Sp.PD-KHOM mengatakan, klaim yang menyebutkan orang bergolongan darah O jarang mengalami sakit berdasarkan observasi di sejumlah bidang.

Salah satunya dari kasus-kasus Covid-19.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved