Breaking News:

Dalam Sebulan, Polres Metro Depok Gagalkan Penyelundupan 302 Kg Narkotika Jenis Sabu

Pengungkapan ini bermula dari penangkapan enam orang tersangka dengan barang bukti yang hanya seberat 25 gram sabu.

TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 258 kilogram. yang berhasil diamankan Polres Metro Depok, Selasa (9/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Dalam kurun waktu kurang dari satu bulan, Sat Narkoba Polres Metro Depok berhasil menggagalkan penyelundupan 302 kilogram narkotika jenis sabu.

Pengungkapan ini bermula dari penangkapan enam orang tersangka dengan barang bukti yang hanya seberat 25 gram sabu.

“Kasus ini bermula dari pengungkapan dan penangkapan enam orang tersangka dari lima laporan polisi dengan barang bukti 25 gram sabu,” ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran didampingi Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Dandim 0508/Depok, Kolonel (Inf) Agus Isrok Mikroj, di  Polres Metro Depok, Pancoran Mas, Selasa (9/2/2021).

Barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 258 kilogram yang berhasil diamankan Polres Metro Depok, Selasa (9/2/2021).
Barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 258 kilogram yang berhasil diamankan Polres Metro Depok, Selasa (9/2/2021). (TribunJakarta.com/Dwi Putra Kesuma)

Fadil menuturkan, hal ini membuktikan bahwa bilamana pengungkapan kasus dengan barang bukti yang tidak begitu banyak dikerjakan dengan sungguh-sungguh, bisa berujung pada pengungkapan yang sangat besar.

“Ini membuktikan bahwa ketika kita bekerja dengan serius dan bersungguh-sungguh, pengungkapan kasus besar bisa dimulai dari pengungkapan kasus kecil,” tegasnya.

Dari penangkapan enam orang tersangka berikut lima laporan polisi, Sat Narkoba Polres Metro Depok pun melakukan pengembangan hingga ke Kota Padang, Sumatera Barat.

Di Padang, Sat Narkoba Polres Metro Depok berhasil mengamankan seorang tersangka dan barang bukti sabu seberat 44 kilogram dari dalam kamar sebuah hotel, dan terus mengembangkannya.

“Tim Reserse Narkoba Polres Depok melakukan pengembangan ke Kota Padang dan berhasil mengembangkan dengan menangkap satu orang tersangka atas berinisial EP dan satu orang masih DPO, berhasil disita 44 kilogram sabu,” kata Fadil didampingi Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, Dandim 0508/Depok, Kolonel (Inf) Agus Isrok Mikroj.

Selesai di Padang, pengembangan pun berlanjut ke Pekanbaru, Kota Riau. Disinilah, polisi berhasil mengamankan sabu seberat 258 kilogram di area parkir sebuah Rumah Sakit, yang akan dikirim ke Pulau Jawa, serta mengamankan tiga orang pelakunya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kapolres Depok dan Satuan Reserse Narkoba Polres Depok yang telah melakukan pengungkapan kasus narkoba yang spektakuler, jumlahnya cukup fantastis ada 258 kilogram sabu,” imbuhnya.

“Ini adalah upaya kita untuk terus menekan peredaran gelap narkoba untuk menuju Depok yang zero peredaran narkoba,” timpalnya.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Metro Depok, AKBP Aldo Ferdian, yang memimpin seluruh penangkapan ini, mengungkapkan bahwa area parkir Rumah Sakit tersebut memang digunakan sebagai lokasi barang haram tersebut.

“Jadi modusnya pada saat mobil masuk Rumah Sakit, barang haram tersebut ada di dalam karung, kemudian mereka sudah menyiapkan koper-koper kosong untuk dimasukan ke dalam koper tersebut,” bebernya.

“Total di Kota Padang kami mengamankan 44 kilogram, di Pekanbaru 258 kilogram, total dalam jaringan ini seberat 302 kilogram,” ujarnya.

Penulis: Dwi Putra Kesuma
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved