Breaking News:

Calon Penumpang Kereta Api Dilarang Makan dan Minum Kecuali Air Putih, Konsekuensinya Jika Melanggar

Para calon penumpang kereta api dilarang makan dan minum kecuali air putih sebelum naik ke gerbong kereta.

Dok. PT KAI via Kompas.com
Layanan screening Covid-19 menggunakan GeNose di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Para calon penumpang kereta api dilarang makan dan minum kecuali air putih sebelum naik ke gerbong kereta.

Hal ini karena PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, menambah layanan pemeriksaan Covid-19 di enam stasiun untuk penumpang Kereta Api (KA) jarak jauh.

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, saat ini pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose tersedia di delapan stasiun yaitu Pasar Senen, Gambir, Tugu Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang dan Surabaya Pasar Turi.

Ia juga menyebutkan, sejak adanya pemeriksaan Covid-19 menggunakan GeNose pada 3 Februari 2021 di stasiun ini KAI sudah melayani 21.530 penumpang KA jarak jauh.

TONTON JUGA:

"Kemudian penambahan penyediaan layanan ini juga merupakan perwujudan dari dukungan KAI bangga buatan Indonesia," ucap Joni saat dikonfirmasi, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Lagi, Prajurit TNI Gugur Saat Kontak Senjata dengan KKB di Papua, Ini Daftarnya di 2021

Baca juga: Jelang Manga One Piece Chapter 1005, Eiichiro Oda Ungkap Sekutu Licik Kaido yang Sulit Dikalahkan

Baca juga: Bermodus Minta Tolong, Polisi Ringkus Pencuri Mobil Pikap yang Aniaya Sopirnya di Tangerang

Baca juga: Irfan Hakim Terharu Lihat Perjuangan Al Hasan Lawan Malu Demi Wujudkan Keinginan Syekh Ali Jaber

Joni juga mengungkapkan, dengan adanya GeNose di stasiun juga sebagai peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan KA jarak jauh.

Penumpang KA jarak jauh, lanjut Joni, untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

"Selama 30 menit sebelum melaksanakan pemeriksaan, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum kecuali air putih untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose," kata Joni.

Pada saat melakukan tes Covid-19 menggunakan GeNose, menurut Joni, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan.

"Kami memastikan bahwa yang dapat naik KA adalah pelanggan yang dalam kondisi sehat dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan pemerintah," ujar Joni.

Editor: Suharno
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved