Breaking News:

Warkop Digital di Lampung Siap Jadi Pijakan Awal Bangun Ekonomi Digital Pedesaan Saat Pandemi

Menurut Dendi, hampir semua desa di Pesawaran memiliki potensi wisata, namun tidak terekspos oleh wisatawan sehingga diperlukan digitalisasi.

Peresmian Warkop Digital Hanura, di Kabupaten Pesawaran, Lampung, Oleh Dendi Ramadhona Bupati Kabupaten Pesawaran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Warkop Digital pertama di Lampung diresmikan di Kabupaten Pesawaran untuk mendukung pembangunan ekonomi digital di pedesaan sebagai bagian dari program Desa Digital Desa Wisata (Dedi Dewi).

Dalam acara peresmian Warkop Digital di Desa Hanura pada Rabu, 17 Februari 2021, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan Warkop Digital bisa menjadi wadah untuk mengangkat untuk ekonomi wisata, terlebih di tengah pandemi yang merusak ekonomi.

"Digitalisasi disandingkan dengan wisata, itulah yang dimaksud dengan Dedi Dewi itu," kata Dendi Ramadhona.

Menurut Dendi, hampir semua desa di Pesawaran memiliki potensi wisata, namun tidak terekspos oleh wisatawan sehingga diperlukan digitalisasi.

"Warkop Digital menjadi tempat titik berkumpul untuk menuangkan gagasan dan juga ada pembelajaran ilmu," ujar Dendi Ramadhona, menambahkan Warkop Digital bisa dijadikan tempat kegiatan positif.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona (kanan) dan Kepala Desa Hanura Rio Remota (kiri) berpose selama acara peresmian Warkop Digital di Desa Hanura, Lampung, Rabu 17 Februari 2021.
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menandatangani plakat selama acara peresmian Warkop Digital di Desa Hanura, Lampung, 17 Februari 2021

Dendi Ramadhona mengatakan setiap desa membutuhkan fasilitas seperti Warkop Digital dan meminta semua desa yang sudah siap untuk menyediakan alat-alat penunjang digitalisasi.

Beliau juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu memfasilitasi modernisasi digital desa, terutama Bencoolen Coffee dan Cyber Global Indonesia.

Dendi mengakui masih ada zona blank-spot di desa-desa Pesawaran.

"Nanti ada BUMN yang mendukung kita. fiber optik akan ditambah dan akan ada program bundling yang lain sehingga blank spot kita akan tercakup sinyal untuk digitalisasi," ujar Dendi.

Bupati Dendi mengatakan sektor swasta Pesawaran adalah yang paling terdampak pandemi virus corona.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved