Breaking News:

PHB Kali Cipinang Terdampak Longsor, 110 KK Warga Susukan Mengungsi Akibat Banjir

Camat Ciracas Mamad mengatakan puing longsornya tembok pembatas tersebut menimpa saluran PHB menuju Kali Cipinang di perbatasan RT 06 dan RT 12.

Istimewa
Personel PPSU dan Sudin SDA saat proses penanganan tembok pembatas yang terdampak longsor di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Tembok pembatas permukiman warga RT 12 dengan RT 06 di RW 07, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur longsor pada Sabtu (20/2/2021).

Tembok dengan tinggi sekitar 3 meter itu longsor sekira pukul 02.00 WIB akibat kontur tanah terdampak curah hujan ekstrem yang turun saat kejadian.

Camat Ciracas Mamad mengatakan puing longsornya tembok pembatas tersebut menimpa saluran PHB menuju Kali Cipinang di perbatasan RT 06 dan RT 12.

"Saluran PHB ini letaknya di bawah tanggul, berada di perbatasan antara RT 12 dan RT 06 di RW 07. Tapi yang terdampak longsor warga RT 06, karena kontur tanahnya rendah," kata Mamad di Ciracas, Jakarta Timur, Senin (22/2/2021).

Tidak hanya menutup puing PHB menuju Kali Cipinang, longsornya tembok pembatas juga mengakibatkan tanggul saluran jebol terdampak.

Baca juga: Bocah Berusia 9 Tahun Hanyut di Kali, Sudah Seharian Pencarian Namun Belum Dapatkan Hasil

Imbasnya debit air yang menuju ke Kali Cipinang meluap ke permukiman warga RT 06/RW 07, beruntung tak ada korban luka dan jiwa akibat kejadian.

"Untuk rumah warga yang terdampak satu, tembok rumah retak. Tapi dampak banjirnya di RT 06, dengan jumlah KK terdampak sekitar 110 KK. Ketinggian banjir 1 meter lebih," ujarnya.

Mamad menuturkan tingginya air limpahan saluran PHB menuju kali Cipinang tersebut mengakibatkan 110 KK warga RT 06/RW 07 sempat mengungsi.

Baru pada Minggu (22/2/2021) sekira pukul 11.00 WIB banjir surut sehingga warga RT 06/RW 07 bisa kembali ke rumahnya membersihkan lumpur.

"Penanganan puing tembok yang longsor sudah dilakukan personel PPSU Kelurahan Susukan dan Satpel SDA Kecamatan Ciracas dari hari kejadian. Dikerjakan secara manual oleh petugas," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved