Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Lansia Kategori Umum Antusias Jalani Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati

Para lansia di Kramat jati antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Puskesmas

TribunJakarta.com/Bima Putra
Lansia yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Lansia kategori umum antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa (23/2/2021).

Sejak posko vaksinasi Covid-19 dibuka pukul 08.00 WIB puluhan lansia kategori umum datang ke Puskesmas Kecamatan Kramat Jati guna menjalani vaksinasi Covid-19.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan hingga pukul 10.00 WIB jumlah lansia yang hadir sudah melebihi 40 orang.

"Pagi ini yang hadir antusias lansia umum yang hadir luar biasa. Padahal kami sudah membagi waktu, pagi, siang, dan sore. Satu sesi maksimal sekitar 20 yang divaksin," kata Inda di Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021).

Dengan pembagian waktu vaksinasi tersebut, maksimal jumlah lansia yang divaksinasi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati sebanyak 60 orang.

Dalam vaksinasi ini Puskesmas Kecamatan Kramat Jati mengerahkan tiga tim vaksinator yang bertugas menyuntik vaksin, satu tim terdiri dari empat tenaga kesehatan.

"Kalau sampai semalam jumlah lansia umum yang sudah mendaftar untuk vaksinasi Covid-19 di Puskemas Kecamatan Kramat Jati sebanyak 250 orang," ujarnya.

Inda menuturkan dalam vaksinasi Covid-19 bagi lansia kategori umum yang dimulai serentak hari ini di wilayah Jakarta pihaknya menyediakan empat tenda.

Baca juga: Warga Desa Benda Sukabumi Difasilitasi Saluran Air Bersih

Tenda pertama meja pendaftaran dan verifikasi yakni verifikasi identitas, tenda kedua skrining untuk pemeriksaan fisik lansia sebelum divaksinasi Covid-19.

Tenda ketiga penyuntikan vaksin, empat observasi di mana lansia menunggu 30 menit mengantisipasi bila mengalami kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

Baca juga: Mengapa Penyintas Covid-19 Baru Disuntik Vaksin Setelah 3 Bulan? Ini Penjelasannya

Baca juga: Anies Klaim Sukses Atasi Banjir, Tapi Kepala Dinas SDA Dicopot: Begini Penjelasan Wagub DKI Ariza

"Alhamdulillah sejauh ini tidak ada yang mengalami KIPI, mudah-mudahan tidak ada. Tapi kita tetap antisipasi, sudah kita siapkan semuanya. Perlengkapan, ruang IGD dan sebagainya," tuturnya.

Pantauan wartawan TribunJakarta.com, Hingga pukul 10.38 WIB proses vaksinasi Covid-19 lansia umum di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati masih berjalan.

Sejumlah lansia datang diantar kerabat mereka ke posko vaksinasi Covid-19, meski di antaranya datang menggunakan kursi roda mereka tampak antusias.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved