Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Peserta Lansia Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kramat Jati Membludak

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan pihaknya menambah dua tenda tunggu guna memfasilitasi lansia yang datang.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Lansia yang mengikuti vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Antusias lansia kategori umum mengikuti vaksinasi Covid-19 membuat Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur melakukan penyesuaian.

Kepala Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Inda Mutiara mengatakan pihaknya menambah dua tenda tunggu guna memfasilitasi lansia yang datang.

"Sebelumnya satu tenda memanjang, tapi ini kami tambah. Agar lansia yang datang nyaman menunggu, mudah-mudahan sabar yang datang," kata Inda di Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (23/2/2021).

Penambahan tenda dilakukan karena jumlah lansia kategori umum yang datang hingga pukul 10.00 WIB tercatat sudah mencapai lebih dari 40 orang.

Padahal maksimal vaksinasi yang dilayani Puskesmas Kecamatan Kramat Jati dalam satu hari 60 orang, pelaksanaannya pun dibagi tiga tahap.

Sesi pertama pukul 08.00 WIB-10.00 WIB, kedua pukul 10.00 WIB-12.00 WIB, dan ketiga pukul 13.00 WIB-15.00 WIB guna mencegah kerumunan di area Puskesmas.

"Kita sudah sampaikan melalui pesan SMS dan Whatsapp waktu pelaksanaan vaksinasi agar tidak semua dalam satu sesi. Tapi mungkin banyak yang ingin lebih dulu," ujarnya.

Baca juga: Jelang Atalanta vs Real Madrid - Los Blancos Krisis Pemain saat Bertandang ke Stadion Gewiss

Baca juga: Diduga Mengantuk, Pengendara Sepeda Motor Tewas Usai Menabrak Tiang di Duren Sawit

Inda menuturkan waktu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sejak mendaftar, pemeriksaan, hingga penyuntikan vaksin normalnya tidak lebih 20 menit.

Waktu paling lama dihabiskan justru di tahap empat, yakni observasi di mana peserta menunggu 30 menit di satu tenda yang khusus disediakan.

Lama waktu 30 menit itu guna memantau apa peserta mengalami kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) yang efeknya pada masing-masing individu dapat berbeda.

"Ke depannya kami akan imbau waktu pelaksanaan vaksinasi, agar yang hadir tidak dalam satu waktu. Kita bagi sesi, jadi satu sesi sekitar 20 orang yang divaksinasi," tuturnya.

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati mengerahkan tiga tim vaksinator yang bertugas menyuntik vaksin, satu tim terdiri dari empat tenaga kesehatan.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved