Breaking News:

Tim Gegana Amankan Benda Sejenis Mortir Temuan Pencari Besi di Kali Cipinang

Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Metro Jaya mengamankan benda sejenis mortir yang ditemukan di Kali Cipinang pada Senin (1/3/2021).

TribunJakarta.com/Bima Putra
Tim Penjinak Bom Gegana Brimob Polda Metro Jaya saat mengamankan benda sejenis mortir yang ditemukan di Kali Cipinang, Jakarta Timur, Senin (1/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Brimob Polda Metro Jaya mengamankan benda sejenis mortir yang ditemukan di Kali Cipinang pada Senin (1/3/2021).

Enam personel Jibom datang ke wilayah RT 15/RW 02, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara lokasi penemuan sekira pukul 17.01 WIB.

Setibanya di lokasi anggota Jibom yang datang mengenakan alat perlindungan diri berupa helm dan rompi memeriksa benda dengan panjang sekitar satu meter itu.

Menggunakan meteran, satu anggota tampak mengukur benda temuan pencari besi, Yudi Supriadi (39) yang ditemukan terkubur lumpur di Kali Cipinang.

Sementara satu anggota Jibom lain tampak mencatat hasil pemeriksaan yang dilakukan, selama proses ini warga diminta menjauh sekitar 10 meter.

Setelah rampung melakukan pemeriksaan awal, benda serupa bom yang dijatuhkan dari pesawat itu tampak dilekatkan dengan dua bilah batang bambu.

Batang bambu tersebut dilekatkan menjadi semacam tandu guna memudahkan personel Tim Jibom saat proses evakuasi benda dari permukiman warga.

Baca juga: Dua Remaja di Ciputat Timur Dibacok oleh Rombongan Orang Tidak Dikenal

Baca juga: Percepat Target Sasaran Vaksin Bagi Lansia, Pemkot Jakarta Utara Sediakan Enam Lokasi

Baca juga: Jhoni Allen Bongkar Proses AHY Jadi Ketua Umum, Singgung SBY Rekayasa Kongres V Demokrat

Kapolsek Jatinegara Kompol Yusuf Suhadma mengatakan dari hasil pemeriksaan sementara benda termasuk alat utama sistem pertahanan (alutsista).

"Untuk barang yang ditemukan ini sejenis mortir. Tapi untuk masih aktif atau tidaknya kita belum tahu, menunggu hasilkan pemeriksaan Jibom," kata Yusuf di Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (1/3/2021).

Sebelum dimasukkan ke mobil, personel Jibom tampak membungkus benda menggunakan bahan khusus penahan ledakan perlengkapan evakuasi mereka.

Proses evakuasi yang dibantu jajaran Polsek dan Koramil Jatinegara oleh Tim Jibom Gegana Brimob Polda Metro Jaya rampung pukul 17.21 WIB.

"Nanti untuk aktif (berdaya ledak) atau tidaknya kita menunggu hasil pemeriksaan Jibom. Untuk warga yang menemukan sudah kita periksa sebagai saksi," ujarnya.

Hanya Yusup tidak merinci berapa lama waktu yang dibutuhkan Tom Jibom Gegana Brimob Polda Metro Jaya dalam pemeriksaan tersebut.

Penulis: Bima Putra
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved