Breaking News:

Tingkatkan Kinerja Pelayanan, DPP PTGMI Resmikan Gedung Sekretariat

Menteri Kesehatan menyambut baik beroperasinya Gedung sekretariat DPP PTGMI

Istimewa
Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan organisasi Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI), telah diresmikan Gedung Sekretariat DPP PTGMI pada tanggal 27 Februari 2021 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan organisasi Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI), tepat pada tanggal 27 Februari 2021 telah diresmikan Gedung Sekretariat DPP PTGMI oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin secara simbolis melalui pertemuan yang dilaksanakan secara daring.

Menteri Kesehatan menyambut baik beroperasinya Gedung sekretariat DPP PTGMI dengan harapan agar organisasi PTGMI dan seluruh anggotanya untuk terus menerus meningkatkan kapasitas dan komitmennya dalam memberikan pelayanan Kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

"Menteri Kesehatan juga berpesan agar seluruh tenaga Kesehatan termasuk terapis gigi dan mulut untuk memberikan teladan dan Pendidikan yang baik kepada masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pencegahan pandemic Covid-19 termasuk melalui upaya vaksinasi dan memberikan contoh dalam pelaksanaan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas)," kata Ketua Umum DPP PPGI, Epi Nopiah dalam keterangannya, Senin (1/3/2021).

Epi Nopiah menuturkan, peresmian Gedung Sekretariat DPP PTGMI tersebut dirangkaikan dengan Webinar, Lokakarya Pendidikan Terapi Gigi dan Mulut serta Pra Munas VIII PTGMI yang diikuti secara daring oleh 1000 peserta webinar 110 peserta utusan institusi Pendidikan Kesehatan gigi dan terapi gigi dan 107 peserta utusan utusan dari 34 Dewan Pengurus Daerah (DPD) PTGMI dari seluruh Indonesia.

Webinar diisi oleh penyampaian informasi perkembangan ilmu terbaru dalam bidang terapi gigi dan mulut oleh Presiden International Oral Health Association (IOHA) Dr Arish Naresh langsung dari Adelaide Australia diikutu oleh penyampaian kebijakan dari narasumber – narasumber dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Kemeterian PAN RB.

"Melalui Lokakarya dan Pra Munas yang bertema “Memperkuat Komitmen Pengabdian Terapis Gigi dan Mulut di era Adaptasi Kebiasaan Baru” diharapkan institusi Pendidikan Kesehatan gigi dan terapi gigi serta pengurus organisasi PTGMI dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas Pendidikan dan pelayanan Kesehatan gigi dan mulut oleh terapis gigi dan mulut utamanya pada masa pandemic Covid-19 dan penerapan adaptasi kebiasaan baru di masyarakat," ujarnya.

Baca juga: 6.498 Lansia Umum di Jakarta Timur Sudah Daftar Vaksinasi Dinamis Covid-19

Baca juga: Halodoc Siapkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 Via Drive Thru di Kemayoran, Simak Cara Daftarnya

Terapis Gigi dan Mulut Indonesia adalah tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dan kewenangan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut bidang promotif, preventif serta kuratif terbatas yang ditujukan untuk memberikan akses pelayanan Kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas guna meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat sesuai dengan tujuan pembangunan kesehatan.

Saat ini terdapat 20.983 orang Terapis Gigi dan Mulut Indonesia yang telah tercatat sebagai anggota Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI).

PTGMI yang merupakan transformasi dari Persatuan Perawat Gigi Indonesia (PPGI) didirikan pada tanggal 13 September 1996 di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, sejak saat itu PTGMI telah berperan sebagai wadah bersatunya para terapis gigi dan mulut dalam kiprahnya memberikan pengabdian di garda terdepan pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Indonesi.

"Bekerja sama dengan profesi dokter gigi dan teknisi gigi. Terapis Gigi dan Mulut berfokus pada upaya pencegahan penyakit gigi dan mulut dan peningkatan derajat Kesehatan gigi dan mulut masyarakat," tandasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved