Kabar Artis

Cara Cerdas Cinta Laura Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual Ranah Digital: Tiap Perempuan Berharga

Tips ini dibagikan Cinta Laura dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2021 yang jatuh pada Senin (8/3).

Instagram Cinta Laura
Artis Cinta Laura. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Artis Cinta Laura membagikan tips cerdasnya melindungi diri dari tindakan pelecehan seksual.

Tips ini dibagikan Cinta Laura dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional 2021 yang jatuh pada Senin (8/3).

Cinta menegaskan, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, kita bisa memisahkan akun pribadi dengan pekerjaan.

TONTON JUGA:

“Menurut aku penting banget kita memisahkan akun prbadi dengan akun pekerjaan. Jangan gampang percaya URL (Uniform Resource Locator) yang kita lihat online, jangan di klik begitu saja,” terang Cinta Laura dalam acara virtual kampanye Stand Up Against Street Harassment pada Senin (8/3).

Baca juga: Ramalan Shio Selasa (9/3/2021), Ada yang Diminta Pilih Solusi Buruk Diantara Paling Buruk

Cinta Laura memperingatkan agar kaum perempuan berhati-hati karena banyak hacker yang mudah memperoleh data pribadi.

“Karena zaman sekarang banyak sekali hacker yang bisa mengambil data pribadi, foto pribadi, video pribadi, dan menggunakannya dengan cara tidak baik. Di luar dari itu, mungkin orang yang melakukan pelecehan seksual di ranah digital orang yang kalian kenal,” aku Cinta Laura.

Bila pelecehan seksual terjadi di ranah digital, Cinta menekankan pentingnya melakukan screenshot untuk dijadikan bukti pelaporan.

“Hindari pelaku, jangan terus meladeni pelaku. Karena kadang-kadang sebagai pelaku bisa memanipulasi dan mengintimitdasi sehingga kalian ketakutan,” beber Cinta Laura.

Cinta menegaskan agar masyarakat jangan diam atau takut terutama saat mendampingi saksi dan korban. Dengan diam, maka bisa memicu aksi diam juga dari orang di sekitarnya.

Baca juga: Prediksi Denny Darko, Kaesang Masih Sayang Felicia Tapi Putus, Asmara Kandas Karena Orang Ketiga?

“Berapa banyak dari kita yang memilih untuk diam karena tidak tahu cara membantu? Saya percaya setiap individu sangatlah berharga, dan kita berhak untuk merasa aman dan nyaman untuk menjalani hidup kita dan mencapai impian kita. Bersama-sama kita bisa mengakhiri isu ini, dan membuat perempuan Indonesia merasa aman di tempat umum,” imbuh Cinta Laura.

Dikatakan Cinta Laura, setiap perempuan berharga dengan pilihan hidupnya. Baik mereka yang memilih untuk tetap mengurus rumah tangga, maupun mereka yang memilih berkarir, bagi Cinta itu adalah pilihan terbaik.

Cinta Laura Kiehl di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Senin (29/7/2019).
Cinta Laura Kiehl di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Senin (29/7/2019). (TribunJakarta/Pebby Ade Liana)

Sebagai informasi, kampanye Stand Up Against Street Harrasement merupakan pelatihan global intervensi pelecehan seksual di ruang publik di Indonesia.

Program ini dirancang khusus untuk memberdayakan perempuan sekaligus mendukung saksi insiden untuk membantu korban dan mengintervensi pelaku dengan cara yang aman.

Dalam riset yang dilakukan L’Oréal Indonesia secara nasional melalui IPSOS Indonesia, 82% perempuan Indonesia pernah mengalami pelecehan seksual di ruang publik dan persentasi ini lebih tinggi dari rata-rata 8 negara lain yang disurvei.

Baca juga: Isyarat Ibu Nadya Arifta Harap Jadi Besan Jokowi, Keluarga Koordinasi dengan Paman Kaesang: Lamaran?

Yang paling mengkhawatirkan, 91% responden mengatakan mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk membantu korban. Jelas isu ini tidak dapat terus dibiarkan karena berdampak negatif bagi harga diri dan keamanan perempuan di ruang publik.

"Sebagai brand kecantikan no.1 di dunia, kami ingin ikut berperan aktif dalam melawan isu nomor satu yang dihadapi oleh perempuan Indonesia, yaitu pelecehan seksual di ruang publik," papar Manashi Guha, General Manager Consumer Products Division L’Oréal Indonesia.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved