Breaking News:

Kabar Gembira! Cair Hari Ini Bantuan Kuota Internet Gratis Kemendikbud, Lihat Syaratnya

Kabar gembira, mulai hari ini Kemendikbud kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis tahun 2021. Cair hari ini, Kamis (11/3/2021).

Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Kompas.com
Ilustrasi Internet. Kabar gembira, mulai hari ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis tahun 2021. 

TRIBUNJKARTA.COM, JAKARTA - Kabar gembira, mulai hari ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota internet gratis tahun 2021.

Bantuan kuota internet gratis diperuntukkan bagi Siswa, guru, mahasiswa, dan dosen cair hari ini, Kamis (11/3/2021).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem mengatakan, bantuan kuota gratis untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan disalurkan pada tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Semua yang telah menerima bantuan kuota Kemendikbud pada November-Desember 2020 dan nomor tersebut masih aktif akan otomatis menerima bantuan kuota pada Maret 2021.

Peserta didik PAUD mendapat 7 GB per bulan, peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10 GB per bulan, serta pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 12 GB per bulan.

Adapun mahasiswa dan dosen mendapat 15 GB per bulan.

"Jadi di tahun 2021, kita akan memberikan kuota namun dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi, kuota ini adalah kuota umum, jadinya dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi," jelas Nadiem dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2021 secara daring, beberapa waktu lalu.

Meski kuota umum, ada sejumlah aplikasi dan laman yang tidak dapat diakses menggunakan kuota tersebut, yakni situs yang diblokir oleh Kemenkominfo serta media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Facebook.

"Kebanyakan aplikasi seperti game, sosial media seperti Facebook, TikTok, misalnya Instagram," terang Nadiem.

Namun, ia mengatakan, YouTube masuk daftar laman dan aplikasi yang dapat diakses karena kini banyak guru yang melakukan pembelajaran melalui media tersebut.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved