Breaking News:

Siap-siap Warga Kota Depok, Tilang Elektronik Mulai Diterapkan di Jalan Margonda 23 Maret 2021

Tilang elektronik alias E-tle akan resmi diterapkan di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, pada Selasa (23/3/2021) mendatang.

Penulis: Dwi Putra Kesuma | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/DWI PUTRA KESUMA
Kamera E-tle di Jalan Raya Margonda, Pancoran Mas, tepat di depan Kantor Wali Kota Depok, Jumat (19/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dwi Putra Kesuma

TRIBUNJAKARTA.COM, PANCORAN MAS – Tilang elektronik alias E-tle akan resmi diterapkan di Jalan Raya Margonda, Kota Depok, pada Selasa (23/3/2021) mendatang.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP M Andi Indra Waspada, mengatakan, soft launching E-tle ini sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2020 silam.

“Kita pernah soft launching di bulan Oktober namun sudah mulai pelaksanaannya di 23 Maret 2021. Jadi artinya bagi masyarakat pengguna jalan khususnya warga, Depok kita memasang satu titik kamera di jalan Margonda,” kata Indra dikonfirmasi wartawan, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Tora Sudiro Resmikan 3Second Family Store di Margonda Depok

Bicara teknis, Indra menjelaskan, setiap pelanggar yang terekam kamera E-tle ini, akan mendapatkan kiriman surat tilang dari pihaknya.

“Surat pemberitahuan akan diberikan kepada alamat yang tertera di data kendaraan tersebut. Membutuhkan waktu dua Minggu untuk pembayaran denda tilang,” tuturnya.

Bilamana ada pelanggar yang tidak mengindahkan surat tilang tersebut, Indra menuturkan secara otomatis kendaraan tersebut akan terblokir.

“Artinya kalau surat pemberitahuan itu tidak diindahkan secara otomatis nanti kendaraan itu akan terblokir,” bebernya.

Terakhir, Indra mengatakan, jenis pelanggaran yang dapat disorot oleh kamera E-tle untuk sementara ini adalah mereka yang tidak mengenakan sabuk pengaman dan menggunakan handphone saat berkendara.

“Untuk pelanggaran itu sendiri adalah pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan dan pelanggaran menggunakan handphone,” katanya.

Baca juga: Angkot Meledak saat Isi Bahan Bakar Gas di SPBU Margonda, Dentuman Terdengar Kencang

“Jadi artinya kami imbau kepada masyarakat pengguna jalan apabila melintasi di jalan Margonda agar menggunakan sabuk keselamatan dan tidak menggunakan handphone saat berkendara, jadi ada di titik fokus dua pelanggaran itu,” ujarnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved