Antisipasi Virus Corona di Tangsel

Wali Kota Airin Resmikan RSUD Serpong Utara Khusus Covid-19, Kapasitas 100 Kasur Isolasi dan 6 ICU

Airin Rachmi Diany meresmikan RSUD Serpong Utara yang berlokasi di Jalan Raya Serpong, Pakulonan, Serpong Utara, Selasa (23/3/2021).

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Jaisy Rahman Tohir
Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serpong Utara yang berlokasi di Jalan Raya Serpong, Pakulonan, Serpong Utara, Selasa (23/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, SERPONG UTARA - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Serpong Utara yang berlokasi di Jalan Raya Serpong, Pakulonan, Serpong Utara, Selasa (23/3/2021).

Rumah sakit yang berada persis di samping Kelurahan Pakulonan itu dikhususkan untuk penanganan pasien Covid-19.

Ada 100 kasur isolasi dan enam kasur ICU di bangunan lima lantai itu.

Airin mengatakan, setelah diresmikan, RSUD Serpong Utara akan disterilisasi dan baru akan beroperasi pada sepekan kemudian, sekira akhir Maret 2021.

"Jadi setelah peresmian ada waktu satu minggu untuk pembersihan bakteri dan yang lainnya," kata Airin.

Baca juga: Penampakan Perempuan Misterius di Sungai, Tertangkap Kamera Sedang Bantu Pencarian Korban Kecelakaan

Orang nomor satu di Tangsel itu mengatakan, dibangunnya RSUD Serpong Utara merupakan upaya perlawanan Tangsel terhadap pandemi Covid-19 yang sudah lebih dari satu tahun melanda.

Sebelumnya, Tangsel memiliki sejumlah Puskesmas yang menjadi tempat transit untk pasien Covid-19 menunggu rujukan. Selain itu ada Rumah Lawan Covid-19 (RLC) untuk karantina pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan.

Baca juga: Pria Ini Teriak Keliling Kampung dengan Baju Penuh Darah, Karung Putih Bawaannya Buat Warga Menjerit

Baca juga: Keributan Oknum Polisi dan Anggota Ormas Berujung Penyegelan 24 Kafe di Koljem Cilincing

Untuk rumah sakit, terdapat RSU Tangsel yang memiliki 35 tempat tidur penanganan pasien Covid-19.

"Jadi mudah-mudahan dengan ikhtiar kita di hulu sekarang kedisiplinan masih 80% ya, dengan target 90%, di hilir kita penambahan tempat tidur, kemarin kita ada tambahan RLC dan hari ini Rumah Sakit Serpong utara," kata Airin.

Sebanyak 13 dokter disiapkan untuk bertugas di RSUD Serpong Utara, 7 di antaranya merupakan dokter umum dan 6 lainnya spesialis, dari mulai spesialis penyakit dalam, kulit hingga anak.

Baca juga: Pria Ini Teriak Keliling Kampung dengan Baju Penuh Darah, Karung Putih Bawaannya Buat Warga Menjerit

Airin juga sempat berkeliling fasilitas kesehatan yang bsru diresmikannya. Dari ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di lantai dasar, Airin naik ke lantai lima untuk melihat ruang rawat inap.

"Alurnya dimulai masuk nanti bukan di sini tapi lewat pinggir tadi yang IGD. Diperiksa lagi kembali dan langsung nanti masuk sesuai dengan kondisinya. Kan sedang ke berat. Dokter spesialis kan ada, dokter THT juga sudah kita siapkan. Di lantai 4 dan 5 adalah perawatan. Lantai 3 untuk HCU, ICU dsn ruang operasi, dan lantai 2 farmasi dan yang lainnya," pungkas Airin.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved