Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

Sempat Diprotes, PN Ja­karta Timur Tak Pernah Larang Keluarga Rizieq Shihab Masuk ke Ruang Sidang

Pengadilan Negeri Jakarta Timur membantah melarang keluarga Rizieq Shihab masuk saat sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Bima Putra
Pengadilan Negeri Jakarta Timur membantah melarang keluarga Rizieq Shihab masuk saat sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur membantah melarang keluarga Rizieq Shihab masuk saat sidang perkara dugaan tindak pidana karantina kesehatan.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan pihaknya sudah memfasilitasi anggota keluarga inti Rizieq Shihab agar bisa masuk ke ruang sidang.

"Mungkin pada waktu awal persidangan mereka sudah masuk, karena dijeda terus keluar dan ada pergantian petugas (jaga) di sana jadi tidak mengenal lagi," kata Alex di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya sejak sidang sebelumnya pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polri agar selain tim kuasa hukum anggota keluarga inti Rizieq Shihab bisa masuk ke ruang sidang Pengadilan.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal 
mengatakan sidang minggu depan beragendakan putusan sela dari Majelis Hakim yang menentukan apa perkara berlanjut atau tidak, Selasa (30/3/2021)
Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan sidang minggu depan beragendakan putusan sela dari Majelis Hakim yang menentukan apa perkara berlanjut atau tidak, Selasa (30/3/2021) (TribunJakarta/Bima Putra)

Tapi dia tidak merinci apa jumlah anggota keluarga inti diperbolehkan masuk ke ruang sidang dibatasi sebagaimana anggota tim kuasa hukum, yakni maksimal enam orang guna mencegah kerumunan.

"Kita perbolehkan karena manusiawi lah ya. Keluarga terdekat artinya keluarga sedarah, anak istri atau menantunya kita kasih tempat. Dan juga untuk penasihat hukum sudah kita sediakan ruang transit," ujarnya.

Alex menuturkan ruang transit disediakan bagi anggota tim kuasa hukum Rizieq Shihab berada di ruang Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang berada di sisi kanan gedung Pengadilan.

Baca juga: Penelitian Sampel Air dari Tempat Ikan Mati Mendadak di Kali Ancol Memakan Waktu 15 Hari

Baca juga: Tembak Korban dari Jarak Dekat, Polisi Mulai Selidiki CCTV Perampokan Uang Rp300 Juta di Tangerang

Baca juga: Mulai 1 April 2021, Flyover Tapal Kuda Kebanggaan Gubernur Anies Kembali Diuji Coba

Menurutnya keluhan disampaikan Rizieq Shihab saat sidang kepada Majelis Hakim bahwa keluarganya tidak diperbolehkan masuk terjadi karena masalah komunikasi dengan personel jaga di gerbang.

"Pada dasarnya keluarganya itu sudah kita fasilitasi melihat di persidangan. Nanti kita coba koreksi lagi dengan petugas keamanan di depan (gerbang Pengadilan), mungkin ada miss komunikasi saja," tuturnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved