Breaking News:

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Ditemukan Semalam, CVR Sriwijaya Air SJ-182 Dibawa ke Dermaga JICT II Pakai Kapal KPLP

Kotak hitam perekam suara kokpit atau black box cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akhirnya ditemukan.

TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO
Black box CVR Sriwijaya Air SJ-182 saat dibawa ke Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (31/3/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Kotak hitam perekam suara kokpit atau black box cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 akhirnya ditemukan.

Komponen utama untuk menganalisa penyebab kecelakaan pesawat tersebut ditemukan Selasa (30/3/2021) malam kemarin sekitar pukul 20.00 WIB di perairan Kepulauan Seribu.

Usai ditemukan, black box CVR Sriwijaya Air SJ-182 langsung dibawa ke Dermaga JICT II yang sempat menjadi posko utama operasi SAR.

Pantauan TribunJakarta.com, black box CVR tiba di Dermaga JICT II pada Rabu (31/3/2021) siang ini sekitar pukul 12.11 WIB.

Black box dibawa menggunakan Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai KN Alugara bernomor lambung 114.

Setibanya di dermaga, black box yang berada dalam wadah berisi air laut langsung digotong beberapa petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) ke area konferensi pers.

Prosesi pengangkutan CVR dari kapal disaksikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Kepala Basarnas Marsekal Muda TNI Henri Alfiadi, hingga Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid.

"Puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa apa yang kita temukan hari ini. Alhamdulillah semalam (CVR) ditemukan pukul 20.00 WIB dari tempat yang tidak jauh ditemukannya FDR," ucap Menhub Budi.

Budi menuturkan, ditemukannya CVR ini berkat koordinasi tanpa henti dari seluruh potensi SAR yang bertugas.

Halaman
12
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved