Breaking News:

Pengamanan Paskah

Jajaran Polres Metro Jakarta Timur dan Kodim 0505/JT Sterilisasi Gereja di Jakarta Timur

Jajaran Polres Metro Jakarta Timur dan Kodim 0505 Jakarta Timur melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja di Jakarta Timur

TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina
Jajaran Polrestro Jakarta Timur dan Kodim 0505/JT lakukan pengamanan dan sterilisasi di sejumlah gereja yang ada di Jakarta Timur, Kamis (1/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Jajaran Polres Metro Jakarta Timur dan Kodim 0505 Jakarta Timur melakukan sterilisasi ke sejumlah gereja di Jakarta Timur.

Sekira pukul 18.00 WIB, Kapolrestro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan beserta Dandim 0505/JT Kolonel Kav Rahyanto Edy Yunianto mendatangi sejumlah gereja di Jakarta Timur.

Tercatat ada 152 gereja yang menggelar ibadah Misa dalam rangkaian perayaan Paskah pada Jumat (2/4/2021).

Dengan melibatkan Brimob dari Polda Metro Jaya, sterilisasi yang dilakukan dibarengi dengan pengamanan guna menghindari hal yang tak diinginkan.

Adapun gereja yang didatangi aparat yakni Gereja Santo Yoseph di Matraman, Jakarta Timur, Gereja Katolik Keluarga Kudus, Rawamangun dan lain sebagainya.

"Barusan saja kita melakukan sterilisasi yang dilakukan oleh tim dari Brimob Polda Metro Jaya di Gereja Santo Yoseph, Matraman. Tentunya ini sebagai upaya Polri menjamin keamanan pemeluk agama Nasrani untuk ibadah. Kita berusaha maksimal," kata Kombes Pol Erwin, Kamis (1/4/2021).

Tak hanya pengamanan dari aparat kepolisian, pengamanan juga dipertebal karena melibatkan pihak dan security gereja.

Sehingga jumlah jemaat yang datang sudah dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan yang ada.

Selain itu, sejumlah gereja juga diketahui memiliki cara sendiri guna mengetahui siapa saja yang akan hadir.

Baca juga: Ketahui Kapan Waktu Ideal Untuk Memberi Makan Ikan Cupang, Harus Disiplin dan Konsisten

Baca juga: Anies Baswedan Pastikan Jakarta Tentram dan Teduh saat Perayaan Jumat Agung

Baca juga: Pengalaman Zaskia Sungkar & Irwansyah Jadi Orangtua, Bahagia Walau Kurang Tidur: Sakitnya Hilang

Di Gereja Santo Yoseph misalnya. Pihak gereja menyiapkan scan barcode bagi tiap jemaat yang hadir di gereja saat ibadah Misa.

"Di Polres Jakarta Timur ini terdapat 152 gereja yang semuanya kita amankan dengan menempatkan personel. Di gereja ini ada 13 personel yang selalu menjaga dan nanti bergabung dari security atau pengamanan dalam Gereja Santo Yoseph," jelasnya.

"Sudah diatur oleh pihak gereja yaitu dengan menggunakan barcode. Sehingga securitynya makin terjamin. Jadi siapapun pengunjung yang tak memiliki barcode tidak diperbolehkan masuk," tambahnya.

Guna menjamin keamanan jemaat yang beribadah, aparat kepolisian akan memberikan pengamanan ketat di gereja yang ada Jakarta Timur.

"Yang paling utama kita melakukan pengamanan disemua gereja. Tidak ada prioritas satu dan yang lain. Karena apapun kita harus menjamin keamanan peribadatan dari rekan-rekan kita yang melaksanakan Paskah," tandasnya.

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved