Breaking News:

Jelang Ramadan, Satpol PP Jakarta Timur Petakan Lokasi Rawan PMKS

Satpol PP Jakarta Timur bersiap menghadapi lonjakan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) musiman menjelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

TribunJakarta/Nur Indah Farrah Audina
Petugas gabungan melakukan operasi PMKS, manusia silver dan badut imbas aduan masyarakat dikarenakan meresahkan ketertiban umum di wilayah Jakarta Timur - Satpol PP Jakarta Timur bersiap menghadapi lonjakan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) musiman menjelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Jajaran Satpol PP Jakarta Timur bersiap menghadapi lonjakan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) musiman menjelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Kasatpol PP Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan pihaknya sudah mengidentifikasi lokasi PMKS kategori gelandang, pengemis dan lainnya kerap ditemukan di 10 Kecamatan.

"Lokasi yang biasa di sasar itu ada sekitar 38 lokasi rawan, mulai dari Kecamatan Matraman ada di Pasar Jangkrik. Kemudian Kecamatan Jatinegara itu yang agak rawan di sekitar Bassura," kata Budhy saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Kamis (8/4/2021).

Lalu di sekitar Pasar Gembrong, sementara lokasi rawan PMKS di Kecamatan Pulogadung meliputi di sepanjang Jalan Balai Pustaka, Jalan Rawamangun, dan Jalan Pemuda.

Lokasi lain rawan PMKS juga di sepanjang Jalan Raya Bogor, khususnya di bawah Fly Over Pasar Rebo perbatasan wilayah Kecamatan Pasar Rebo dengan Kecamatan Ciracas.

Kasatpol PP Jakarta Timur, Budhy Novian di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (16/9/2020).
Kasatpol PP Jakarta Timur, Budhy Novian di Cakung, Jakarta Timur, Rabu (16/9/2020). (TribunJakarta.com/Nur Indah Farrah Audina)

"Kalau menjelang Ramadan karena memang biasanya ada intensitas PMKS kembali marak kita tetap melakukan operasi penjangkauan secara serempak se-Jakarta Timur," ujarnya.

Budhy menuturkan dalam waktu dekat pihaknya berencana melakukan operasi penjangkauan PMKS serentak di 10 Kecamatan Jakarta Timur bersama jajaran Sudin Sosial.

Perihal apa PMKS musiman di Jakarta Timur berasal dari luar DKI Jakarta pihaknya tidak dapat memastikan karena para PMKS yang terjaring operasi ditangani Sudin Sosial.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang Tetap Dilaksanakan Siang Hari saat Ramadan

Baca juga: Pegawai KPK Mencuri Emas Seberat 1,9 Kilogram, Digadai untuk Bayar Utang

Baca juga: Kondisi Ashanty Buat Anang Khawatir, Aurel Hermansyah Kaget Lihat Kondisi Sang Bunda: Udah Parah

"Kita tidak mendata (PMKS) setelah kita ambil lalu serahkan ke Dinas Sosial. Terkait dengan PMKS tidak hanya di bulan Ramadan, Tapi setiap hari kita tetap pelaksanaan penyisiran, pengawasan, dan patroli," tuturnya.

Di masa pandemi Covid-19 Pemprov DKI Jakarta lebih dulu menampung PMKS yang terjaring ke tempat penampungan, di antaranya GOR Ciracas sebelum ditempatkan di panti-panti sosial.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved