Breaking News:

Pemprov DKI Pertimbangkan Beli Rumah Bersejarah Mantan Menlu RI yang Dijual Online

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku telah meminta jajarannya untuk memeriksa rumah bersejarah tersebut.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Putri Duyung Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Minggu (11/4/2021). Pemprov DKI Pertimbangkan Beli Rumah Bersejarah Mantan Menlu RI yang Dijual Online 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta tengah mempertimbangkan membeli rumah mantan Menteri Luar Negeri pertama Indonesia, Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo.

Rumah bersejarah yang berada di Jalan Cikini Raya Nomor 80, Jakarta Pusat itu memang sempat membuat geger warganet.

Pasalnya, rumah yang pernah menjadi kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia itu dijual seharga Rp 200 miliar lewat situs jual-beli daring.

Banyak warganet yang kemudian menyayangkan hal ini dan mendorong Pemprov DKI untuk menjadikan bangunan tersebut sebagai cagar budaya.

Terkait hal ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku telah meminta jajarannya untuk memeriksa rumah bersejarah tersebut.

"Nanti di internal akan kami cek, apakah itu masuk cagar budaya atau tidak, veritas atau tidak. Kalau iya, nanti kami akan carikan solusinya," ucapnya, Rabu (14/4/2021).

"Apakah harus pemerintah pusat yang beli, apakah Pemprov DKI yang beli dan untuk apa," tambahnya menjelaskan.

Bila setelah ditelusuri Pemprov DKI tak bisa membeli rumah kuno tersebut, Ariza berharap, ada pihak swasta yang membelinya dengan catatan bangunam tersebut tidak diubah bentuknya.

Bahkan, bila memungkinkan, politisi Gerindra ini berharap, bangunan itu bisa dijadikan tempat wisata atau museum.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved