Breaking News:

Hadapi Tantangan Pandemi, UNIS Tangerang Susun Strategi Transformasi ke Kampus Digital

Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang tengah menggodok konsep digital kampus dalam menghadapi tantangan era industri 4.0

Istimewa
Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIS, Prof Ace Suryadi dalam orasi ilmiah perayaan milad ke-55 UNIS Tangerang, Kamis (15/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang tengah menggodok konsep digital kampus dalam menghadapi tantangan era industri 4.0 dengan ancaman disrupsi berbagai bidang akibat pandemi.

Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIS, Prof Ace Suryadi dalam orasi ilmiah perayaan milad ke-55 UNIS Tangerang, mengatakan saat ini universitas di manapun menghadapi tantangan yang nyata selama masa pandemi Covid-19.

"Untuk itu disiapkan UNIS Digital Kampus sebagai upaya mendorong terwujudnya kampus sebagai lingkungan yang nyaman untuk belajar dan masing-masing bagian kampus terkoneksi secara digital," kaya Prof Ace dalam keterangannya, Kamis (15/4/2021).

Menurut dia, UNIS Digital Kampus lebih dari sekadar kumpulan aplikasi, platform, atau infrastruktur yang dibangun menjulang tinggi di Kampus.

UNIS Digital Kampus memerlukan kerangka strategis yang bergerak dalam ekosistem digital dengan infrastruktur teknologi informasi, konektivitas yang kuat.

Kemudian, platform pembelajaran online (LMS dan LXP) serta program-program pelatihan dan pengembangan dosen untuk mengembangkan platform.

Lalu konten dan model penyajian yang menarik dalam pembelajaran online.

"Teknologi baru yang terupdate sangat dibutuhkan agar dapat mengembangkan kampus masa depan, yang didukung oleh sistem pengelolaan berbasis digital yang kait-mengkait secara selaras dengan struktur dan proses sebuah institusi untuk menciptakan masyarakat kampus yang cerdas," kata Prof Ace.

Ia mengatakan, untuk menuju UNIS digital kampus perlu disiapkan sejumlah komponen cerdas yang tidak terbatas.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved