Breaking News:

Hasil Survei: Airlangga Hartarto Capres Pria Terkuat, Golkar Tempel PDIP

Nama Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki tingkat keterpilihan lebih tinggi dibandingkan tokoh pria lain untuk Pilpres 2024.

Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja Melalui Pembiayaan KUR Platform Perbankan Mitra Program Kartu Prakerja, Kamis (8/4/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Nama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki tingkat keterpilihan lebih tinggi dibandingkan dengan tokoh pria lain yang ada di Indonesia untuk Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) Daniel Zafnat Paneah menjelaskan, hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaganya pada tanggal 26 Maret hingga 8 April  2021 lalu.

"Airlangga Hartarto menjadi tokoh yang paling memiliki tingkat elektabilitas tertinggi dengan tingkat keterpilihan 15.7 persen," kata Daniel dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (16/4/2021).

Kemudian di urutan kedua, kata dia, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 10.2 persen, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko 9.1 persen, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar 8.4 persen.

"Serta Anies Baswedan 7.2  persen , Yaqut Cholil Qoumas 7.1 persen, Tito Karnavian 6.4 persen, Gatot Nurmantyo 6.2 persen, Prabowo Subianto 5.1 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3.1 persen dan beberapa tokoh lainnya sebesar 5.7 persen dan yang tidak memberikan pilihan sebesar 15.8 persen," urainya.

Namun demikian, terkait calon presiden dari sisi gender, tambahnya, sebanyak 46.9 persen responden meneginginkan sosok presiden untuk 2024 adalah berjenis kelamin wanita. 

Adapun sebanyak 38.7 persen menginginkan laki-laki dan sebanyak 14.4 persen tidak mempermasalahkan wanita atau laki-laki yang menggantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Survei ini juga mencari tahu tentang tingkat keterpilihan partai-partai yang ada di tanah air. 

Hasilnya adalah Partai Golkar menempel ketat PDIP di urutan pertama. 

Di mana jika pemilu digelar disaat survei berlangsung dengan jawaban secara Top of Mind, PDIP dipilih oleh 14.2 persen responden, disusul Golkar yang dipilih 13.7 persen responden.

Halaman
12
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved