Breaking News:

Kisah Mahasiswa ITB Lolos Kompetisi Coding, Sabet Peringkat Pertama di National Leaderboard

IYCL telah membuka pendaftaran sejak bulan Februari 2021 dimana sebanyak 1.000 talenta muda Indonesia bergabung menjadi peserta.

Editor: Kurniawati Hasjanah
Freepik
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Perkembangan teknologi saat ini tidak hanya memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berkomunikasi, bekerja, belajar dan lainnya.

Teknologi kini menjadi salah satu industri yang paling disorot dan menarik banyak talenta muda untuk berkontribusi memberikan dampak positif yang lebih besar kepada masyarakat.

Sayangnya, di Indonesia sendiri masih ada anggapan bahwa kesempatan untuk berkecimpung di bidang teknologi hanya terbuka bagi talenta dengan latar belakang Information Technology (IT) saja.

Dengan latar belakang tersebut, Mekari sebagai perusahaan teknologi berbasis Software as a Service (SaaS) menginisiasi Indonesia Young Coders League (IYCL), sebuah kompetisi coding bergengsi yang terbuka bagi para talenta muda berbakat Indonesia dengan minat di bidang teknologi, yang bekerjasama dengan Money Forward startup financial technology berbasis di Jepang.

Baca juga: Suami Banting Tulang ke Luar Kota, Wanita di Klaten Malah Berduaan Bareng Oknum Polisi Malam-malam

"Melalui IYCL, kami coba memfasilitasi mereka untuk mengasah skill dan menemukan bibit unggul yang bisa mendorong teknologi Indonesia lebih maju lagi," papar Suwandi Soh, CEO Mekari.

IYCL telah membuka pendaftaran sejak bulan Februari 2021 dimana sebanyak 1.000 talenta muda Indonesia bergabung menjadi peserta.

Ilustrasi mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa (Freepik via Tribunnews.com)

Seluruh peserta telah mengikuti tahapan “Assignment Day” pada 19 Maret lalu dimana telah terseleksi sebanyak 100 peserta.

Salah satu peserta IYCL, Muhammad Hasan dari Institut Teknologi Bandung, berhasil menduduki peringkat pertama di National Leaderboard.

"Saya senang sekali bisa menduduki peringkat pertama yang menandakan kerja keras saya membuahkan hasil. Namun, tidak boleh puas dulu karena mimpi saya bisa ikut kompetisi coding di tingkat internasional, jadi saya harus terus berlatih," tegasnya pada Jumat (16/4). 

Baca juga: Nissa Sabyan Muncul Tanpa Klarifikasi, Anisa Rahman Bongkar Sisi Lain Sang Vokalis: Beri Doa Terbaik

Hasan menilai, kompetisi coding yang menerapkan sistem leaderboard menjadi penting bagi peserta untuk mengukur kemampuan dan memotivasi  terus berkembang.

Sebanyak 100 peserta yang telah lolos dalam Assignment Day ini akan kembali diseleksi lagi untuk masuk ke babak finalis dan kemudian mengikuti sesi User Interview di bulan April ini sebelum diumumkan sebagai pemenang.

"Para pemenang IYCL mendapat kesempatan untuk memulai karir di Mekari atau mendapatkan exposure yang lebih besar dengan bergabung bersama Money Forward di Jepang,” tegas Suwandi.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved