Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

40 Pegawai Bus Sekolah Batal jadi Relawan Uji Coba Vaksin Covid-19 Anhui

Sebanyak 40 pegawai UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta batal menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom tahap III.

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
ISTIMEWA/Dokumentasi Dishub DKI Jakarta
Bus sekolah Dinas Perhubungan DKI Jakarta - Sebanyak 40 pegawai UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta batal menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom tahap III. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, KRAMAT JATI - Sebanyak 40 pegawai Unit Pengelola Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta batal menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom tahap III.

Meski sudah bersedia menjadi relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui zhifei Longcom yang merupakan produk asal China sebelum resmi didistribusikan untuk masyarakat umum di Indonesia.

Kepala UPAS Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Ali Murthado mengatakan ke-40 pegawainya itu batal menjadi relawan karena tidak lolos pemeriksaan kesehatan saat penyuntikan dosis dua.

"Dari 93 pegawai yang sebelumnya sudah menerima dosis satu vaksin akhirnya hanya 53 orang yang melaksanakan uji vaksin tahap dua. Karena ada yang gagal rikesnya (riwayat kesehatan) mundur, sakit, dll," kata Ali saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Jumat (30/4/2021).

Ke-40 pegawai dinyatakan tidak lolos saat proses penyuntikan dosis dua yang dilakukan tim vaksinator dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-RS Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 saat menaiki bus sekolah Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kamis (26/3/2020).
Tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 saat menaiki bus sekolah Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Kamis (26/3/2020). (Dokumentasi UPAS DKI Jakarta)

Proses penyuntikan vaksin dosis dua terhadap pegawai UPAS ini dilakukan secara bertahap di gedung SMPN 281, Kecamatan Kramat Jati pada tanggal 21, 22, dan 28 April 2021 lalu.

"Untuk 53 yang sudah tahap vaksin dosis dua sekarang menunggu penyuntikan vaksin Anhui dosis tiga. Untuk pegawai yang tidak lolos penyuntikan dosis dua mengikuti vaksinasi Covid-19 Sinovac di RS dan Kelurahan," ujarnya.

Ke-53 pegawai bus sekolah yang bakal menjalani penyuntikan dosis III itu termasuk 4.000 relawan uji coba vaksin Covid-19 Anhui se-Indonesia, dalam hal ini lokasinya di Jakarta dan Bandung.

Baca juga: Wati, Sosok Viral Tuduh Tetangga Ternyata Buka Praktik Pengobatan Alternatif, Ketua RW: Paranormal

Baca juga: Kasus Dugaan Pemerkosaan Wanita Tunarungu Oleh Hansip di Bekasi Belum Juga Ada Titik Terang

Baca juga: Hilangkan Keloid Secara Alami dengan 7 Ramuan Tradisional Ini, Tertarik Coba?

Para pegawai bus sekolah termasuk petugas pelayanan publik yang rentan terpapar Covid-19 karena melakukan kontak erat dengan warga, khususnya awak bus evakuasi pasien Covid-19.

"Untuk pegawai UPAS yang menjadi relawan ini bukan hanya awak bus yang bertugas melakukan evakuasi pasien terkonfirmasi Covid-19. Relawan ini sendiri nantinya dalam pengawasan tim peneliti selama 14 bulan," tutur Ali.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved