Ridho Rahmadi Jadi Ketum Partai Ummat; Ada Peran Ustaz, Awalnya Tidak Masuk Bursa Calon

Ridho Rahmadi menjadi Ketua Umum Partai Ummat. Nama Ridho sebenarnya tidak masuk dalam radar calon ketua umum.

Editor: Erik Sinaga
ISTIMEWA/Dokumentasi uii.ac.id
Ridho Rahmadi yang sekarang menjadi Ketua Umum Partai Ummat 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ridho Rahmadi menjadi Ketua Umum Partai Ummat. Nama Ridho sebenarnya tidak masuk dalam radar calon ketua umum.

Naman menantu Amien Rais itu muncul ke permukaan saat detik-detik terakhir. Ridho memang tidak punya latar belakang potitik.

“Setelah saya ditunjuk sebagai Ketum Partai Ummat, jujur saja secara batin, jasmani, rohani saya kaget,” buka Ridho sambil tertawa dalam wawancara eksklusif dengan Tribun Jogja, Jumat (30/4/2021).

Ridho memang bukan politisi. Latar belakangnya adalah seorang akademisi di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Selama ini, suami dari Tasniem Rais, putri Amien Rais itu mendalami ilmu Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dan teknologi informasi.

Studinya pun tidak main-main. Ia mendapatkan gelar Sarjana Komputer (SKom) di UII. Seiring berjalannya waktu, Ridho pun melanjutkan kuliah di Johannes Kepler University di Austria.

Saat menjalani program master, pria berusia 36 tahun itu mengikuti double degree di Republik Ceko, tepatnya Czech Technical University yang terletak di Praha.

Di tahun 2013, beberapa tahun setelah program masternya selesai, Ridho seperti tancap gas meraih gelar doktor.

Dia kemudian kuliah doktoral di Radboud University di Nijmegen, Belanda selama kurang lebih 4,5 tahun dan melakukan riset-riset, sehingga lulus pada tahun 2019.

“Pas partai ini dibicarakan, saya itu tim Information Technology (IT). Jadi, saya bangun platform IT, kantornya ya di Pandeansari ini,” jelasnya.

Latar belakangnya sebagai peneliti di Pusat Studi Sains Data UII itu juga membawanya menjadi pencipta platform chat dengan server pribadi.

Dia juga yang menciptakan aplikasi survei agar data yang dihimpun saat survei tidak terbatas hanya di DKI Jakarta saja.

“Mendekati deklarasi kepengurusan, saya itu malah tidak ada proyeksi, keluarga juga tidak ada, jadi murni di belakang layar. Namun, saat saya ikut diskusi dewan pendiri, Ustad Sambo justru memberikan alasan mengapa saya cocok jadi Ketum,” kata Ridho.

Sehingga, penunjukkan Ridho sebagai Ketum Partai Ummat justru datang dari Ansufri Idrus Sambo atau yang akrab disapa Ustad Sambo.
Dia merupakan Sekretaris Dewan Majelis Syuro, Partai Ummat.

Baca juga: PAN Klaim Tidak Terganggu Amien Rais Deklarasikan Partai Ummat

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved