Breaking News:

Ramadan 2021

Keberangkatan Penumpang di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Melonjak Hingga Tanggal 5 Mei

Lonjakan keberangkatan penumpang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi terjadi hingga H-1

TribunJakarta/Bima Putra
Penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Lonjakan keberangkatan penumpang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur diprediksi terjadi hingga H-1 pemberlakuan larangan mudik pada 6 Mei 2021.

Meski berdasarkan data puncak keberangkatan penumpang di Terminal Kampung Rambutan terjadi pada Senin (4/5/2021) dengan total 1.400 penumpang bus antar kota antar provinsi (AKAP).

Kepala Terminal Kampung Rambutan Made Jony mengatakan pihaknya memprediksi keberangkatan penumpang pada Selasa (4/5/2021) sore hingga Rabu (5/5/2021) subuh bakal melonjak.

"Prediksi dari kita itu hari ini, mungkin sore. Karena untuk besok sendiri ada banyak PO (perusahaan otobus) atau bus yang sudah tidak beroperasi khususnya bus yang jarak jauh," kata Made di Terminal Kampung Rambutan, Selasa (5/4/2021).

Penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/4/2021).
Penumpang bus AKAP di Terminal Kampung Rambutan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (5/4/2021). (TribunJakarta/Bima Putra)

Hingga pukul 14.00 WIB hari ini tercatat sebanyak 344 penumpang bus AKAP diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan dengan tujuan didominasi Provinsi Sumatera.

Baca juga: Bejatnya Ayah Tiri Hamili Anak Istrinya, Malah Suruh Pria Lain Nikahi, Aksi Terbongkar oleh Menantu

Sementara jumlah normal keberangkatan penumpang di Terminal Kampung Rambutan saat pandemi Covid-19 berkisar 900 per hari sehingga kini terjadi lonjakan keberangkatan sekitar 30 persen.

"Sejumlah PO yang melakukan perjalanan jarak jauh tanggal 5 tidak beroperasi karena dikhawatirkan pas mereka berangkat sore dari Kampung Rambutan tanggal 6 Mei itu sudah diberlakukan larangan mudik," ujarnya.

Baca juga: Kakorlantas dan Dirjen Hubdar Tempelkan Tiker Khusus Perjalanan Mudik ke Armada Bus yang Diizinkan

Made menuturkan pihaknya memberlakukan tes GeNoSe secara acak terhadap penumpang sesuai SE Satgas Covid-19 nomor 13 tahun 2021 yang diberlakukan tanggal 22 April-5 Mei 2021.

Pada 6-17 Mei 2021 nanti operasional bus AKAP dan antar kota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Kampung Rambutan sepenuhnya dihentikan, hanya menyisakan operasional angkutan kota.

Baca juga: Demi Manjakan dan Makin Disayang Wanita Pujaannya, Pria Ini Nekat Masuk Rumah Makan Tengah Malam

"Puncak arus mudik untuk data penumpang yang kita peroleh itu hari Senin kemarin itu jumlah total ada 1400 orang disusul hari Sabtu tanggal 1 itu ada 1300 orang yg berangkat dari Terminal Kampung Rambutan," tuturnya.

Penulis: Bima Putra
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved