Breaking News:

Info Tekno

Langkah Facebook Hubungkan Orang dengan Internet Cepat, Demi Atasi Kesenjangan Digital di Indonesia

Facebook mengambil langkah untuk menghubungkan orang dengan internet cepat demi atasi kesenjangan digital di Indonesia.

Editor: Kurniawati Hasjanah
Freepik
Ilustrasi Facebook 

TRIBUNJAKARTA.COM -  Facebook mengambil langkah untuk menghubungkan orang dengan internet cepat demi atasi kesenjangan digital di Indonesia.

Hal ini dilakukan melalui program Facebook Connectivity mencari teknologi baru, model bisnis, dan kemitraan untuk menghubungkan lebih banyak orang dengan jaringan internet yang lebih cepat.

“Di Indonesia, Facebook bekerjasama dengan para mitra untuk memperluas akses internet broadband, mendorong permintaan penggunaan internet dan menurunkan biaya konektivitas, mengoptimalkan investasi jaringan, serta menghubungkan pendekatan baru untuk infrastruktur jaringan telekomunikasi,” kata Bryan Tan, Connectivity Technologies and Ecosystem Manager, Facebook dalam keterangannya pada Jumat (7/5).

Untuk memahami lebih jauh tentang keterjangkauan koneksi internet, baru-baru ini The Economist Intelligence Unit mengeluarkan laporan Indeks Internet Inklusif 2021, sebuah studi dari The Economist Intelligence Unit yang ditunjuk oleh Facebook.

Studi ini melaporkan bahwa 66 persen keluarga di Indonesia adalah pengguna internet, dimana angka ini lebih tinggi dari negara-negara di Asia yakni 59 persen.

Namun, keterjangkauan masih menjadi halangan dalam penggunaan internet.

Di Indonesia, rata-rata biaya 1GB data seluler (prabayar) adalah 1,2 persen dari Pendapatan Nasional Bruto (PNB), yang mana biaya ini lebih tinggi dari negara-negara tetangga.

Data ini menunjukkan betapa akses internet yang cepat dan terjangkau masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama di masa ketika permintaan koneksi internet sangat tinggi.

Baca juga: Daftar Minuman dan Makanan yang Bisa Merusak Ginjal, Apa Saja?

Untuk itu, Facebook Connectivity hadir di Indonesia dengan membawa sejumlah program dan inisiatif demi meningkatkan kualitas konektivitas dan akses internet.

Beberapa program yang telah diimplementasikan di Indonesia diantaranya:

  • Express Wi-Fi, merupakan teknologi penting yang menyediakan akses internet yang cepat, terjangkau, dan dapat diandalkan kepada masyarakat.
  • Kabel Serat Optik. Di Indonesia, Facebook bermitra dengan Alita untuk berinvestasi pada kabel serat optik sepanjang 3.000 km yang menghubungkan lebih dari 1.000 situs seluler di Bali, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.
  • Terragraph. Teknologi nirkabel gigabit yang dirancang untuk memberikan pilihan cepat, terjangkau dan mudah digunakan untuk kabel serat optik dan dapat mendukung penggunaan akses nirkabel tetap, Wi-Fi publik dan menyediakan konektivitas yang mendasari layanan Smart City. 

Adapun Yudhistira Nugraha, Head of Jakarta Smart City sebagai salah satu mitra Facebook menuturkan, infrastruktur dan konektivitas harus menjadi utilitas dasar bagi kehidupan masyarakat.

Baca juga: Lebaran Tinggal Hitungan Hari, Ini Resep Opor Ayam dan Cara Membuat Ketupat Dijamin Enak!

“Demografi yang berbeda-beda di setiap wilayah di Jakarta juga memiliki tantangan tersendiri,” ungkapnya.

Yudhistira juga menyampaikan bahwa program dan upaya untuk konektivitas ini seharusnya dilakukan jauh sebelum ada pandemi.

Namun demikian, ia menilai Pandemi membuka mata bahwa konektivitas itu penting.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved