Breaking News:

Pekan Depan, Pemprov DKI Uji Coba Flyover Cakung Tahap II

Dinas Bina Marga DKI Jakarta bakal melakukan uji coba Flyover Cakung penghubung Kecamatan Duren Sawit, dan Cakung, Jakarta Timur.

Penulis: Bima Putra
Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA
Tampak Flyover Cakung, Jakarta Timur yang dibangun untuk mengurangi kemacetan perintasan sebidang, Jumat (16/4/2021) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Dinas Bina Marga DKI Jakarta bakal melakukan uji coba Flyover Cakung penghubung Kecamatan Duren Sawit, dan Cakung, Jakarta Timur pada 11-18 Mei 2021.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan uji coba tahap II tersebut dilakukan setelah perbaikan kekurangan dari uji coba tahap I pada 19-21 April 2021 lalu rampung.

"Uji coba tahap II dilakukan pukul 06.00 WIB-24.00 WIB. Selama pemberlakuan pengguna jalan dilarang melawan arah, dilarang berswafoto dan melakukan hal membahayakan lain," kata Hari saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (9/5/2021).

Selama uji coba tahap II tersebut juga bakal diberlakukan sistem satu arah (SSA) di kawasan Cakung, sebagaimana yang dilakukan pada uji tahap I Flyover Cakung tanggal 19-21 April 2021 lalu.

Dalam hal rekayasa lalu lintas SSA nanti ditangani jajaran Sudin Perhubungan dan Satlantas Jakarta Timur yang bakal menempatkan sejumlah anggotanya di lokasi pemberlakuan SSA.

"Bila selama open traffic sudah tidak ditemukan kendala maka (Flyover Cakung) akan seterusnya dibuka secara permanen," ujarnya.

Pada uji coba tahap I Flyover Cakung yang pembangunannya menelan dana APBD Pemprov DKI Jakarta sebesar Rp 261 miliar lalu Dinas Bina Marga DKI Jakarta menemukan sejumlah kekurangan.

Baca juga: Usai Uji Coba Tahap I, Pemprov DKI Temukan Kekurangan Flyover Cakung

Baca juga: Kepala Dinas Perhubungan DKI Ungkap Hasil Evaluasi Uji Coba Tahap I Flyover Cakung

Baca juga: Ini Alasan Flyover Cakung Belum Dibuat Satu Arah Pada Uji Coba Tahap I

Meliputi perbaikan geometrik pada posisi jalan off ramp (jalan keluar) flyover agar smooth pada pertemuan dengan jalan arteri samping tol Lingkar Luar Timur.

Penambahan rambu penunjuk arah untuk mendukung SSA pada jalan samping tol Lingkar Luar Timur, perbaikan chevron pada off dan on ramp flyover di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Duren Sawit.

Lalu penambahan rambu penunjuk arah pada on ramp (segmen penghubung antara ruas jalan) flyover baik di Jalan I Gusti Ngurah Rai maupun di Jalan Samping BKT (banjir kanal timur).

Kemudian perpanjangan nose dengan pemasangan movable concrete barrier (MCB) atau barrier beton pada exit tol Pulo Gebang untuk mencegah lawan arus setelah keluar tol Pulo Gebang.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved