Breaking News:

TPU akan Kembali Dibuka, Pengelola Terapkan Pengawasan dan Pengamanan Ketat

Meski kembali dibuka untuk warga yang akan melaksanakan ziarah kubur, namun petugas gabungan akan melaksanakan pengawasan secara ketat

TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Suasana area makam TPU Kampung Kandang di Jagakarsa, Jakarta Selatan pada Jumat (14/5/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Taman Pemakaman Umum (TPU) kembali dibuka untuk umum setelah sebelumnya ditutup sebagai langkah upaya pencegahan penularan Covid-19 dan kerumunan saat ziarah. Demikian diungkap Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda.

Meski kembali dibuka untuk warga yang akan melaksanakan ziarah kubur, namun petugas gabungan akan melaksanakan pengawasan secara ketat, meminimalisasi membludaknya warga yang ziarah.

Mila mengatakan sudah berkoordinasi dengan tingkat kota terkait persiapan pembukaan kembali TPU pascalebaran, setelah sebelumnya ditutup sementara.

“Kita sudah berkoordinasi dengan jajaran tingkat kota untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di pintu masuk TPU, lalu kami juga akan memberikan imbauan,” kata Mila Minggu (16/5/2021).

Sejauh ini terkait pengamanan, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota telah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Satpol PP. Pengaman juga telah dilakukan sejak penutupan TPU beberapa waktu lalu.

“Kita semua unsur dilibatkan mulai Satpol PP, Dishub, Sudin Sosial, terus Damkar bahkan FKDM, TNI Polri pun juga akan dilibatkan untuk membantu pengamanan,” katanya.

Baca juga: Gadis Belasan Tahun Dirudapaksa Pacar di Hari Raya, Pelaku Cekik Korban untuk Muluskan Aksi

Baca juga: Wali Kota Tangerang Selatan Bubarkan Warga yang Asyik Bermain di Taman Kota 2

Baca juga: Bubarkan Kerumunan, Bupati Tangerang Tutup Wisata Religi Keramat Soelar Hingga Pantai Tanjung Pasir

Secara teknis untuk mengantisipasi kerumunan di TPU jika terjadi lonjakan, petugas akan berjaga di area pintu masuk, jika ada kerumunan peziarah, petugas akan memberikan imbauan langsung untuk menerapkan protokol kesehatan.

Tak hanya itu, Mila menyebut pihaknya juga menyiapkan cairan disinfektan yang nantinya akan digunakan untuk menyemprot pengujung, sehingga memecah terjadinya kerumunan, jika warga tak patuh.

“Paling tidak nanti pas masuk itu kami sampaikan kalau mereka tidak patuh secara terpaksa akan kita semprot disinfektan,” ujarnya.

Mila mengimbau kepada para peziarah yang akan datang ke TPU untuk selalu menekankan protokol kesehatan secara ketat.

“Ini kan untuk kebaikan masyarakat sebagai langkah menekan penyebaran Covid-19. Untuk itu sama-sama mematuhi 3M. Berdoa kan bisa dimana saja karena memang kondisinya saat ini pandemi,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Dengan Pengawasan Ketat, TPU Kembali Dibuka Untuk Warga Yang Ingin Berziarah

Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved