Breaking News:

Cara Hamas Tembakan Roket yang Buat Iron Dome Israel Jebol dan Tewaskan 5 Warga Sipil

Kenapa pasukan sayap Hamas Brigade Al Qassam bisa menembus Iron Dome melalui serangan roket, yang membuat sistem pertahanan Israel dipertanyakan.

Editor: Suharno
AFP PHOTO/ANAS BABA
Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel (kiri) mencegat roket (kanan) yang ditembakkan oleh gerakan Hamas menuju Israel selatan dari Beit Lahia di Jalur Gaza utara seperti yang terlihat di langit di atas Jalur Gaza pada 14 Mei 2021. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Kenapa pasukan sayap Hamas Brigade Al Qassam bisa menembus Iron Dome melalui serangan roket.

Sebelumnya, Iron Dome Israel jebol melalui serangan pasukan Hamas.

Hal ini membuat sistem pertahanan rudal Iron Dome milik Israel dipertanyakan, setelah lima warganya tewas akibat serangan roket.

Sistem yang menurut para pejabat Israel memiliki tingkat intersepsi 90 persen itu telah melindungi banyak nyawa di Tel Aviv, Ashkelon, dan kota-kota lain yang menjadi titik fokus bagi Hamas.

Baca juga: Sejarah Palestina dan Israel, Hingga Selalu Muncul Perang di Jalur Gaza

Namun, sumber intelejen telah memperingatkan bahwa Hamas telah meningkatkan persenjataannya secara signifikan, sehingga mampu menembus "perisai besi" Israel.

"Iron Dome selalu memiliki kelemahan," tulis analisis intelijen, terorisme, dan hukum Jerusalem Post Yonah Jeremy Bob, dikutip dari Telegraph.

Baca juga: Serangan Pasukan Sayap Hamas Brigade Al Qassam Tewaskan Tentara Israel di Kibbutz Netiv Haasara

Kendati demikian, Bob menyebut kondisi itu bukan berarti Iron Dome tak lagi efektif.

"Jika Hamas memiliki lebih banyak roket jarak jauh, ini dapat berdampak pada rencana Israel untuk pertempuran ini dan terutama pertanyaan tentang berapa lama itu akan berlangsung," kata dia.

TONTON JUGA:

Skala serangan roket minggu ini belum pernah terjadi sebelumnya, dengan sekitar seribu rudal ditembakkan pada jarak yang lebih jauh untuk menantang kemampuan sistem Iron Dome.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved