Breaking News:

Dibangun Tanpa Turap, Jadi Penyebab Bagian Belakang Rumah Warga Pondok Pinang Longsor

Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kebayoran Lama, Andriyansyah, mengatakan penyebab longsor bagian belakang dua rumah warga Pondok Pinang.

Penulis: Satrio Sarwo Trengginas
Editor: Suharno
TribunJakarta.com/Satrio Sarwo Trengginas
Penampakan belakang rumah Tukiman yang terdampak longsor saat hujan deras pada Senin (17/5/2021) malam. Penampakan belakang rumah Tukiman yang berada di bantaran Kali Pesanggrahan, Jalan Haji Saikin RT 015 RW 008 Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Selasa (18/5/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAGAKARSA - Kasatpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kebayoran Lama, Andriyansyah, mengatakan penyebab longsor bagian belakang dua rumah warga Pondok Pinang lantaran konstruksi rumah tak berturap.

Musibah longsor itu terjadi di Jalan Haji Saikin RT 015 RW 008 Kelurahan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, tepatnya di Bantaran Kali Pesanggrahan, sekira pukul 21.30 WIB pada Senin (17/5/2021).

"Pemilik rumah membangun tidak pakai turap. Jadi ketika air kali pasang, tanahnya tergerus. Selain itu rumahnya juga di atas tebing," jelas Andriyansyah kepada TribunJakarta.com di lokasi pada Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Mulai Hari Ini Usai Pelarangan Mudik Berakhir, Simak Aturan Baru Jika Hendak Perjalanan Luar Kota

Sebenarnya, lanjut Andriyansyah, dua rumah yang berada di bantaran kali Pesanggrahan itu menjadi proyek penurapan oleh SDA Kecamatan Kebayoran Lama.

Proyek penurapan dengan batu bronjong mencapai 50 meter di sepanjang Bantaran Kali Pesanggrahan.

Akan tetapi, dua rumah itu kadung longsor terlebih dahulu sebelum pihak SDA menurapnya.

"Sebenarnya area yang longsor ini sudah masuk ke dalam rencana penurapan dengan batu bronjong. Tetapi, sudah kejadian duluan (longsor)," tambahnya.

Baca juga: Rumahnya Terendam Banjir, Warga Kampung Marlina Muara Baru Terpaksa Pompa Air Sendiri

Pihaknya kemudian memprioritaskan untuk menurap area yang longsor sebagai langkah antisipasi longsor susulan.

Terlihat sejumlah petugas SDA mengeluarkan material kayu-kayu dolken dan batu kali dari truk untuk menurap area yang longsor.

Bagian belakang rumah longsor

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved