Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Klaster Covid-19 Cilangkap, 17 Orang dari Anak-anak Hingga Disabillitas Jalani Isolasi Mandiri

Tidak semua warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur yang terkonfirmasi Covid-19

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Aji
TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Fajar Eko Satrio, Camat Cipayung 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPAYUNG - Tidak semua warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur yang terkonfirmasi Covid-19 menjalani isolasi di RS rujukan.

Dari total 104 warga terkonfirmasi Covid-19 yang diduga dari kegiatan halalbihalal Idulfitri 1442 Hijriah, sebanyak 17 warga di antaranya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Camat Cipayung Fajar Eko Satrio mengatakan 17 warga tersebut merupakan mereka yang dari pertimbangan Satgas Covid-19 Kecamatan Cipayung bisa menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Wagub DKI Sebut 104 Warga Cilangkap Positif Covid-19 dari Klaster Lebaran Sudah Ditangani

"Terdiri dari 10 anak-anak yang terkonfirmasi Covid-19 tapi orangtuanya tidak. Tujuh lainnya ibu yang anak balitanya negatif (Covid-19), orangtua, dan disabillitas," kata Fajar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Rabu (26/5/2021).

Pertimbangan mendasari ke 10 anak tidak dievakuasi ke RS rujukan pasien Covid-19 di antaranya bahwa mereka dikhawatirkan tidak memiliki orang dewasa pendamping perawatan.

Baca juga: Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19, Warga di RW 03 Kelurahan Cilangkap Swab Test Antigen

Baca juga: Ratusan Warga RW 03 Cilangkap Positif Covid-19, Polres Jaktim Semprot Disinfektan hingga Masuk Gang

Beda kasus bila satu keluarga terkonfirmasi Covid-19 sehingga kedua orangtua bisa dievakuasi ke RS rujukan pasien Covid-19 menjalani perawatan bersama anak mereka.

"Sehingga ada edukasi khusus kepada orangtua untuk memastikan 10 anak ini taat protokol kesehatan dan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Nanti diawasi tim kesehatan," ujarnya.

Fajar menuturkan edukasi dari jajaran Puskesmas Kecamatan Cipayung ditujukan agar warga negatif Covid-19 tidak terpapar saat mendampingi perawatan pasien terkonfirmasi.

Hingga Selasa (25/5/2021) siang jumlah kasus aktif Covid-19 warga RT 03/RW 03 Kelurahan Cilangkap tercatat masih sebanyak 104 atau belum ada sembuh karena masih dirawat.

"Masih isolasi menjalani perawatan semua, belum ada yang sembuh," tuturnya.

Satgas Covid-19 RW 03 Kelurahan Cilangkap sendiri mendirikan dapur umum guna memastikan logistik warga selama isolasi mandiri dan penerapan lockdown lokal hingga 2 Juni 2021 terpenuhi. (*)

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved