2 Pekan Setelah Lebaran, Pemudik yang Tiba di Jakarta Mencapai 43.608 Orang

Jumlah pemudik yang kembali ke DKI Jakarta hingga dua pekan usai Lebaran 2021 terus bertambah. Ada 43.608 orang pemudik yang sudah tiba di ibu kota.

TribunJakarta.com/Bima Putra
Proses evakuasi pemudik asal Cianjur, Jawa Barat yang hasil rapid test antigennya reaktif Covid-19 di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Jumat (21/5/2021) - Jumlah pemudik yang kembali ke DKI Jakarta hingga dua pekan usai Lebaran 2021 terus bertambah. Ada 43.608 orang pemudik yang sudah tiba di ibu kota. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Jumlah pemudik yang kembali ke DKI Jakarta hingga dua pekan usai Lebaran 2021 terus bertambah.

Data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, ada 43.608 orang pemudik yang sudah tiba di Ibu Kota.

"Hingga pagi tadi pukul 08.00 WIB, ada 43.608 warga yang sudah balik mudik," ucap Pelaksana tugas (Plt) Dukcapil DKI Budi Awaludin, Kamis (27/5/2021).

Dari jumlah tersebut, hampir setengah warga yang sudah balik mudik tak bisa menunjukan surat bebas Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab test antigen maupun genose.

"Ada 26.177 warga yang balik mudik namun tidak tes Covid-19," ujarnya saat dikonfirmasi.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah meninjau tes swab antigen untuk para pemudik di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (16/5/2021)
Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Azis Andriansyah meninjau tes swab antigen untuk para pemudik di kawasan Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (16/5/2021) (Istimewa/Dok Polres Jaksel)

Kemudian, warga balik mudik yang bisa menunjukkan surat keterangan bebas Covid-29 hanya berjumlah 17.431 orang.

Rinciannya, sebanyak 2.145 orang berdasarkan hasil pemeriksaan swab test PCR, 14.762 orang tes antigen, dan 524 lewat tes Genose.

Bagi pemudik yang belum memiliki surat bebas Covid-19, pihak RT/RW bersama kelurahan setempat bakal mengarahkan mereka melakukan pemeriksaan di puskesmas terdekat.

Baca juga: Sopir Taksi Online Ditembak Begal 10 Kali, Baim Wong Ngakak Nyali Pelaku Ciut Lalu Kabur ke Hutan

Baca juga: Cek Penerima BLT UMKM 1,2 Juta Melalui BRI dan BNI, Login di Dua Link Berikut Ini

Baca juga: Pengamanan PN Jaktim Diperketat, Hari Ini Sidang Putusan Rizieq: Water Cannon-Barracuda Disiagakan

Pasalnya, para pemudik yang baru tiba dari berbagai daerah ini dikhawatirkan turut membawa virus corona masuk Jakarta.

"Bagi pemudik yang baru riba diharapkan segera melapor ke RT/RW setempat untuk didata," kata Budi.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved