Breaking News:

Antisipasi Kerusakan Objek Vital Milik Negara, Proyek MRT Fase 2 Dikerjakan Hati-hati

Pembangunan proyek MRT Fase 2 CP-201 relasi Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun MRT Harmoni dikerjakan secara hati-hati.

Penulis: Muhammad Rizki Hidayat | Editor: Wahyu Aji
TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Suasana proses pembangunan proyek MRT Fase 2 CP-201 mencapai 16,5 persen, di Stasiun MRT Monas, Jakarta Pusat, Senin (31/5/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muhammad Rizki Hidayat

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pembangunan proyek MRT Fase 2 CP-201 relasi Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia menuju Stasiun MRT Harmoni dikerjakan secara hati-hati.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, menjelaskan hal ini bertujuan menghindari kerusakan terhadap objek vital milik negara.

Objek vital tersebut di antaranya cagar budaya seperti Tugu Jam Thamrin dan Istana Negara.

"Proses memperhatikan objek-objek vital negara dengan memperhatikan kawasan cagar budaya, koordinasi kami dengan pemerintah pusat dan daerah sudah dilakukan sejak proses desain (stasiun)," jelas William, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (31/5/2021).

"Jadi, sudah kami koordinasikan secara matang sejak proses persiapan dari fase dua A, relasi Stasiun MRT Bundaran HI sampai ke Stasiun MRT Kota Tua," lanjutnya.

Misalnya, kata dia, pembangunan Stasiun MRT Monas yang dekat dengan Tugu Monumen Nasional (Monas).

Baca juga: Proses Pembangunan Proyek MRT Fase 2 CP-201 Mencapai 16,5 Persen

Baca juga: Jadwal MRT Berubah Lagi Mulai Hari Ini

"Jadi, untuk pembangunan Stasiun MRT Monas ini ada koordinasi antara Pemerintah Provinsi DKI  dengan pemerintah pusat. Mesti hati-hati sekali," tutur William.

"Koordinasinya dilakukan lewat Kementerian Sekretaris Negara dan seluruh prosesnya itu dikonsultasikan. Termasuk lokasi di mana stasiun itu berada, pintu masuknya seperti apa, jalurnya kayak bagaimana, itu berapa jaraknya dari berbagai bangunan vital," lanjutnya.

Dia menambahkan, proses pembangunan segmen pertama yakni relasi Stasiun MRT Bundaran HI hingga Stasiun MRT Harmoni telah direkomendasikan pemerintah pusat dan daerah.

"Itu semua kami mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Sekretaris Negara dan itu menjadi pedoman dalam melakukan pembangunan fase 2 ini," kata William.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved