PPDB 2021

Dimulai Hari Ini, Cek Jadwal Lengkap PPDB DKI Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022 Disini

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 di DKI Jakarta resmi dibuka hari ini, Senin (7/6/2021).

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Wahyu Aji
TribunMadura
PPDB 2019 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022 di DKI Jakarta resmi dibuka hari ini, Senin (7/6/2021).

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, ada empat jalur PPDB, yaitu jalur prestasi, jalur afirmasi, jalur zonasi, serta jalur pindah tugas orang tua dan anak guru.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta pun telah membagi jadwal pendaftaran untuk masing-masing jalur di setiap tingkat sekolah.

“Kami berharap, pelaksanaan PPDB DKI Jakarta Tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar, karena seluruh warga DKI Jakarta dari berbagai kalangan berkesempatan memperoleh pendidikan yang tuntas dan berkualitas di kota ini," tuturnya.

"Harapannya juga, PPDB ini dapat membentuk sekolah-sekolah negeri dengan variasi peserta didik yang tinggi dan rasa gotong royong untuk maju bersama, sambungnya. 

Banyak kelurahan tak punya sekolah negeri

Lebih lanjut Nahdiana mengakui, ada ratusan kelurahan di ibu kota belum memiliki sekolah negeri.

Selain itu, daya tampung sekolah negeri untuk jenjang SMP dan SMA pun sangat terbatas, sehingga tak semua warga DKI bisa mengenyam pendidikan di sekolah negeri.

Kedua hal ini disebut Nahdiana menjadi tantangan bagi Dinas Pendidikan DKI dalam menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021/2022 yang mulai dibuka hari ini, Senin (7/6/2021).

"Dengan daya tampung yang terbatas dan sebaran sekolah tidak merata, di mana terdapat 168 kelurahan tidak memiliki SMA Negeri dan 86 kelurahan tidak memiliki SMP Negeri, maka harus diterapkan berbagai seleksi PPDB," ucapnya.

Baca juga: SMA Terbaik di Jakarta Barat dan Jakarta Utara, Cek Juga Jadwal PPDB DKI Jakarta 2021

Dari data Disdik DKI Jakarta, daya tampung SMP Negeri saat ini hanya bisa menampung 47,33 persen lulusan SD.

Sedangkan, total daya tampung SMA Negeri dana SMP Negeri dibandingkan dengan lulusan dari SMP sederajat hanya bisa mengakomodir 33,66 persen peserta didik.

Dinas Pendidikan DKI pun harus putar otak membuat aturan agar kesetaraan kesempatan pendidikan bagi warga ibu kota dari berbagai latar belakang bisa terwujud.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved