Breaking News:

Menko Airlangga: KEK Batam Bisa Serap Investasi Triliunan Rupiah

dikatakan Menko Airlangga, pemerintah telah menyiapkan roadmap target bagi investasi di Batam, Bintan dan Karimun yang mencapai nilai triliunan rupiah

Istimewa
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menyerahkan Peraturan Pemerintah Nomor 67 dan Nomor 68 terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam Aero Technic (BAT) dan Nongsa Digital Park di Kota Batam Kepulauan Riau, Sabtu (12/6/2021).

"Penetapan kedua KEK ini sangat strategis dalam mendukung pengembangan Kawasan Batam, Bintan, dan Karimun yang saat ini telah dikembangkan menjadi Free Trade Zone dan telah menarik investor baik asing maupun dalam negeri," ujar Menko Airlangga dalam akun instagram pribadinya @airlanggahartarto_official.

Lebih lanjut, dikatakan Menko Airlangga, pemerintah telah menyiapkan roadmap target bagi investasi di Batam, Bintan dan Karimun yang mencapai nilai triliunan rupiah.

KEK Batam Aero Technic (BAT) seluas 30 ha memiliki target investasi sebesar 7,2 triliun rupiah dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja. Sementara itu, KEK Nongsa Digital Park seluas 166.45 ha memiliki target investasi sebesar 16 triliun rupiah.

"Rencana Aksi untuk kedua KEK ini telah disusun. Saya meminta komitmen semua instansi terkait untuk melaksanakannya dengan baik. Perlu diketahui juga bahwa Kepulauan Riau ini memiliki KEK terbanyak di Indonesia," jelas Menko Perekonomian ini.

Baca juga: Menko Perekonomian Airlangga Dorong Hasil Penelitian Akademik Ibas Segera Direalisasikan

Baca juga: Warkop Digital Manfaatkan KUR untuk Tingkatkan Ekonomi Desa Bersama Alumni Prakerja

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga meminta Pengelola KEK di Pulau Batam dapat segera merealisasikan komitmen pembangunan kawasan dan menghadirkan investasi pelaku usaha sesuai dengan target yang telah ditetapkan atau bahkan bisa dengan lebih cepat.

"Insya Allah, pengembangan yang kita lakukan ini dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19," ungkap Menko Airlangga.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri Perindustrian, Gubernur Kepulauan Riau, Walikota Batam sekaligus Ketua Badan Pengusahaan Batam, seluruh jajaran Kementerian dan Lembaga terkait dan para pelaku usaha KEK.

Setelah melakukan penyerahan PP,  Menko Airlangga bertolak mengunjungi beberapa lokasi diselenggarakannya vaksinasi secara serentak pada kawasan industri di Pulau Batam. Salah satu lokasi yang dikunjungi yaitu PT Sat Nusapersada yang telah melakukan vaksinasi kepada 4.000 karyawan.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved