Breaking News:

Punya UMKM? Yuk Ikuti 3 Cara untuk Memaksimalkan Kemajuannya

3 cara UMKM untuk memaksimalkan kemajuan usaha. salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal.

Freepik
Ilustrasi UMKM 

TRIBUNJAKARTA.COM - Ada banyak tantangan untuk memulai usaha dari nol di Indonesia. Namun, salah satu tantangan yang paling umum dihadapi oleh para pelaku UMKM adalah keterbatasan modal.

Banyak pelaku UMKM yang memulai usaha dengan modal yang sangat terbatas.

Mereka berharap seiring berjalannya waktu dan meningkatnya omzet, nantinya mereka bisa merekrut karyawan profesional, serta membeli peralatan dan fasilitas usaha yang lebih baik, untuk bisa semakin memajukan bisnisnya.

Tapi di era modern ini, ada banyak jalan untuk bisa sukses tanpa modal besar.

Dengan ketersediaan teknologi dan informasi, sudah banyak cara bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dengan ‘dukungan gratis’ dari pihak ketiga.

Sebagai contoh, Xendit sebagai perusahaan payment gateway terkemuka di Indonesia, baru-baru ini meluncurkan Program Xendit Level Up, dimana para pelaku UMKM dapat mendaftar dan berkesempatan untuk menggunakan layanan payment gateway selama setahun tanpa harus membayar biaya.

Nah, untuk yang belum tahu, payment gateway atau gerbang pembayaran berfungsi sebagai “jembatan” yang memfasilitasi dan memproses berbagai metode pembayaran digital, mulai dari Virtual Account, kartu kredit/debit, dompet digital, sampai outlet ritel. Dengan payment gateway, kini pembelimu bisa memilih metode pembayaran favorit mereka!

Ingin tahu lebih jauh? Simak beberapa tips bagi para UMKM untuk memanfaatkan tools dan program bebas biaya demi kemajuan usaha.

Kandungan Surat Al Ikhlas yang Perlu Diketahui, Ternyata Setara dengan Sepertiga Al Quran

Manfaatkan software gratis yang tersedia secara cuma-cuma

Banyak software gratis yang dapat dimaksimalkan untuk menjalankan bisnis, mulai dari software untuk mengurus keuangan, sumber daya manusia, digital workspace, pemasaran media sosial, hingga manajemen proyek.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved