Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Pusdiklat Damkar di Ciracas Mampu Tampung 30 Pasien Covid-19

Camat Ciracas Mamad mengatakan Pusdiklat Dinas Gulkarmat DKI Jakarta itu bakal jadi tempat isolasi bagi pasien tanpa gejala buruk terjangkit Covid-19

Penulis: Bima Putra | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta.com/Bima Putra
Camat Ciracas Mamad 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CIRACAS - Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur jadi satu tempat isolasi bagi pasien Covid-19.

Camat Ciracas Mamad mengatakan Pusdiklat Dinas Gulkarmat DKI Jakarta itu bakal jadi tempat isolasi bagi pasien tanpa gejala buruk terjangkit Covid-19 dan tidak memiliki penyakit penyerta.

"Disiapkan untuk menampung 30 orang, sekarang belum digunakan. Kita menunggu perintah dari Satgas Covid-19 Provinsi DKI Jakarta," kata Mamad saat dikonfirmasi di Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (20/6/2021).

Pemprov DKI Jakarta awalnya juga menyiapkan dua Gelanggang Olahraga (GOR) di Kecamatan Ciracas jadi tempat isolasi pasien Covid-19, yakni GOR Ciracas dan GOR Kelapa Dua Wetan atau PKP.

Namun batal karena GOR Ciracas bakal dijadikan tempat vaksinasi massal Covid-19, sementara GOR Kelapa Dua Wetan atau PKP terkendala masalah prasarana dan sarana untuk isolasi.

Baca juga: Kasus Covid di DKI Jakarta Melonjak, Polres Pelabuhan Tanjung Priok Tingkatkan Pengawasan PPKM

"Akhirnya dipilih Pusdiklat. Untuk persiapkan Pusdiklat Gulkarmat jadi tempat isolasi secara detail saya belum dapat informasi, tapi kalau sudah ada surat keputusan tentunya sudah layak," ujarnya.

Lurah Ciracas Rikia Marwan menuturkan bila lokasi Pusdiklat Gulkarmat DKI Jakarta yang jadi tempat isolasi bagi pasien Covid-19 terpisah dari permukiman warga sehingga aman jadi tempat isolasi.

Pusdiklat Gulkarmat DKI ini menambah daftar tempat isolasi pasien Covid-19 di Jakarta Timur selain Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan Asrama Haji Pondok Gede, Kecamatan Makasar.

Baca juga: Graha Wisata TMII Sisakan 3 Kamar Isolasi Pasien Covid-19

"Lokasinya terpisah dari permukiman dan komplek anggota Damkar. Pusdiklat Damkar ini tempat latihan dan wisma untuk latihan Damkar dari seluruh Indonesia," tutur Rikia.

Sebagai informasi, alih fungsi Pusdiklat Dinas Gulkarmat DKI Jakarta jadi tempat isolasi pasien Covid-19 menyusul penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 setelah libur Idulfitri 1442 Hijriah.

Baca juga: 2 Bulan Pensiun Wali Kota, Airin Fokus Persiapkan Atlet Taekwondo Hingga Suarakan Isu Perempuan

Banyaknya warga yang terkonfirmasi membuat kapasitas RS, termasuk RS Darurat Wisma Atlet penuh sehingga Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lokasi isolasi khusus tambahan.

Hingga Minggu (20/6/2021) dari total 33 kamar yang tersedia di Graha Wisata TMII, Kecamatan Cipayung kini hanya tersisa tiga kamar, padahal baru pada Senin (14/6/2021) lokasi difungsikan.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved