Breaking News:

Narapidana Terorisme di Lapas Kelas IIA Cibinong Ucap Ikrar Setia Kepada NKRI

Seorang narapidana tindak pidana terorisme dengan inisial SJ bertekad kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Editor: Muhammad Zulfikar
Istimewa
Seorang narapidana tindak pidana terorisme dengan inisial SJ bertekad kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Seorang narapidana tindak pidana terorisme dengan inisial SJ bertekad kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pengucapan ikrar setia NKRI itu berlangsung di Lapas Kelas IIA Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Senin (21/6/2021).

Hal tersebut merupakan bentuk implementasi hasil program deradikalisasi, yaitu sebagai pengikat tekad dan semangat, serta penegasan untuk bersedia kembali membangun kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI.

Selain itu, pengucapan ikrar ini juga sebagai syarat bagi narapidana tindak pidana terorisme apabila di kemudian hari mengajukan pembebasan bersyarat, menjelang bebas dan mengikuti program lainnya.

Pelaksanaan ikrar setia NKRI di Lapas Cibinong dilakukan bertahap dan berkesinambungan. Setelah mengucapkan ikrar, sebagai bentuk implementasinya para pelaku baik individu maupun kelompok harus bersedia meninggalkan atau melepaskan diri dari aksi dan kegiatan terorisme serta membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan terorisme khususnya di Indonesia.

"Narapidana yang sudah mengucapkan ikrar setia diharapkan dapat menjadi agen yang membantu pemerintah untuk memberikan pencerahan bagi orang-orang disekitarnya sehingga menghambat proses penyebaran radikalisme di masyarakat," kata Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat, Sudjonggo.

Kemudian, ia juga berharap nanti saat para eks napi terorisme yang sudah bertaubat bisa diterima kembali oleh masyarakat.

“Semoga ini menjadi awal untuk membuka jalan para Narapidana kembali ke masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat menerima kembalinya para narapidana terorisme ini ke tengah mereka,” ucapnya.

Baca juga: 4.847 Narapidana di DKI Jakarta Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri: 39 Napi langsung Bebas

Baca juga: Status Bekas Narapidana Perberat Tuntutan Rizieq Shihab di Kasus Kerumunan Megamendung

Kalapas Cibinong, Usman Masjid, mengapresiasi setiap langkah sinergi yang telah dihimpun bersama hingga sejauh ini, khususnya dalam pembinaan terhadap narapidana terorisme.

"Ikrar setia NKRI ini terwujud atas sinergi yang terjalin antar aparat penegak hukum khususnya di wilayah Bogor, untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan siap untuk meningkatkan kerjasama yang telah dijalin," ucap Usman.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved